Terkadang karena alasan tertentu, dokter tidak bisa hadir dan memberi layanan kesehatan di klinik, sementara status mereka sudah tercantum sebagai "Hadir" di klinik. Untuk mempermudah admin dalam update status kehadiran dokter, admin bisa memblokir kalender dokter yang berhalangan hadir pada sistem, tanpa mengubah pengaturan default jadwal praktek dokter tersebut di pengaturan.

Blok kalender dokter yang sedang tidak praktik ditujukan untuk menghindari terjadinya miskomunikasi saat ada pasien melakukan pendaftaran pasien secara online ataupun admin pada proses pendaftaran pasien berlangsung.

Pada sistem Assist, Anda bisa memblok satu ataupun banyak kalender dokter yang sedang tidak praktek sekaligus. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Pergi ke modul Rawat Jalan
  2. Pilih Blok Kalender
  3. Kemudian Klik tombol Blok Kalender
  4. Isi semua kelengkapan data
  5. Ceklis bagian Blok instansi Kesehatan untuk blok semua dokter, dan tidak jika untuk satu dokter saja.

1. Klik Modul Rawat Jalan

2. Pada Menu Rawat Jalan, klik Tanda Panah / Drop Down lalu pilih Blok Kalender.

3. Kemudian Klik tombol Blok Kalender.

4. Selanjutnya, isi semua kelengkapan data yang akan digunakan untuk memblok kalender dokter.

5. Anda bisa memblok kalender untuk satu atau semua dokter sekaligus.

Anda bisa memblok kalender untuk semua dokter sekaligus dengan cara Klik checkbox yang berisi Blok instansi Kesehatan. Tetapi jika Anda hanya ingin memblok kalender untuk satu dokter saja tidak perlu menceklis checkbox tersebut.

6. Selanjutnya, jika ingin memblok kalender untuk satu dokter, pertama isi Nama Dokter yang akan di blok terlebih dahulu.

Kemudian inputkan Mulai Tidak Praktek Tanggal, lalu tentukan Berapa Hari akan di blok, dan inputkan Alasan mengapa blok kalender dilakukan.


7. Anda bisa menceklis Ada Dokter Pengganti jika memang dokter yang kalendernya di blok memiliki dokter pengganti, kemudian cari Nama Dokter Pengganti nya.

Jika Anda menceklis dokter pengganti, hasilnya akan terlihat pada menu rawat jalan yaitu Anda masih bisa mendaftarkan pasien dengan tujuan dokter tersebut.

8. Namun, Jika dokter pengganti tidak ada, maka Anda tidak perlu mengklik Ada Dokter Pengganti.

Maka Anda tidak bisa mendaftarkan pasien pada praktek dokter tersebut.

9. Jangan lupa klik simpan.

Selamat, Anda telah berhasil melakukan blok kalender untuk dokter yang tidak praktik ╰(///´꒳`///)╯

Cari tutorial Assist.id di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id