Halo Rekan Assist.id! Mengelola persediaan Obat dan Bahan Habis Pakai di  Apotek adalah hal yang sangat penting karena berkaitan dengan pelayanan kesehatan di Klinik. Sehingga kebutuhan pasien dapat tepenuhi dengan baik. Lalu bagaimana cara mengelola persediaan obat dan barang di Sistem klinik Assist.id? Yuks kita bahas!

Salah satu cara untuk mengelola Apotek di Klinik Anda adalah dengan mengatur ketersedian Obat dan Barang pada fitur Restock dan Return. Pada Fitur ini Anda bisa melihat daftar transaksi Restock maupun Return dan mengetahui status transaksi Restock/ Return ini telah selesai atau belum. Berikut langkah-langkah dan penjelasan pada Data Restock dan Return Obat/ Barang.

Untuk melihat data Restock / Return Klik Modul Apotek, lalu Klik Restock/Return

Apabila terdapat Tanda Seru (!) atau peringatan seperti pada gambar dibawah ini, berarti terdapat Transaksi Restock / Return yang pembayarannya Telah/Akan Jatuh Tempo. Selanjutnya Anda bisa melihat status pembayaran Transaksi Restock / Return pada Tabel Restock / Return

Tabel Data Restock / Return

Pada Tabel Restock / Return Anda bisa melihat semua data transaksi Restock / Return pada Obat/ Bahan Habis Pakai. Seperti pada contoh Tabel diatas terdapat transaksi Restock, Purchase Order dan Return.

  • Pada Transaki yang pertama Paracetamol 250 mg merupakan Transaksi Restock 100 Tablet yang telah bertambah pada Stok Obat di Apotek tetapi belum dibayar dan memliki tanggal jatuh tempo 12 hari lagi. Transaksi ini merupakan Hutang pada Modul Kasir yang bisa Anda bayarkan di Kasir dengan masukan Nomor Invoice pada Hutang/Piutang.
  • Pada Transaki yang kedua Vitamin C 100 mg merupakan Transaksi Restock Purchase Order dimana belum terjadi pembayaran dan stok barang belum bertambah pada stok Apotek. Anda bisa melihat keterangan bahwa transaksi tersebut memiliki Tanggal Pengiriman : 17-08-2020 dimana ketika barang tersebut telah datang, Anda bisa melakukan Set Stok dan Pembayaran pada Fitur Pesanan dan Stok Masuk.
  • Pada Transaksi yang ketiga Panadol Biru 100 mg merupakan Transaksi Return 10 Tablet yang telah terjadi pembayaran dengan ditandai warna hijau pada data tersebut.

Setiap data Restock / Return yang dibuat semuanya akan tersimpan pada tabel Restock dan Return sehingga Anda bisa dengan mudah mengelola data Transaksi Restock dan Restock.

Baca Juga : Cara Melakukan Restock / Return pada Obat dan Barang

Sekian cara melihat Data Transaksi Restock / Return Obat dan Barang di Apotek dengan mudah dan cepat dalam Sistem Klinik Assist.id. Semoga bisa diimplementasikan di Klinik Anda dengan baik.

Cari tutorial Assist.id di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba! (▔▽▔)/

Live Chat sistem klinik Assist.id