Halo Rekan Assist.id! Saat terjadi pembayaran transaksi Pasien di Kasir, sekarang Anda dapat memilih Akun Klinik untuk menerima pembayaran transaksi tersebut. Dengan begitu Anda dapat memilih Akun mana yang menerima pembayaran Tunai dan Akun mana yang menerima pembayaran Debit sesuai dengan kebutuhan Klinik.

Sebelumnya secara default di Kasir hanya 1 Akun yang bisa menerima atau tujuan masuknya transaksi tersebut. Tapi sekarang jadi semakin fleksibel, karena Anda bisa memilih Akun mana sebagai tujuan Transaksi di Kasir, Misalnya untuk transaksi Tunai Masuk ke dalam Akun Kas, sedangkan untuk transaksi Non Tunai masuk ke Akun Bank.

Untuk dapat memilih Akun pembayaran ini, Anda harus melakukan pengaturan terlebih dahulu pada:

1. Motode Pembayaran pada Modul Profile

  • Klik Modul Profile - Metode Pembayaran
  • Tambah Metode Pembayaran sesuai yang tersedia di Klinik Anda
  • Jika telah selesai Klik Simpan
Selengkapnya : Menambah Metode Pembayaran yang Tersedia di Klinik

2. Tambah Akun pada Modul Office

  • Klik Modul Office - Akun
  • Klik Tambah Akun
  • Isi Nama Akun, Saldo Awal dan Tambah Metode Pembayaran Default
  • Jika telah selesai Klik Simpan
Selengkapnya: Menambah Akun Keuangan Klinik

Setelah selesai melakukan pengaturan Akun dan Metode Pembayaran diatas, maka pilihan Akun dan Metode Pembayaran kini telah tersedia pada Modul Kasir. Selanjutnya ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memilih tujuan Akun pada transaksi pembayaran pasien.

1. Klik Modul Kasir, Pilih pembayaran pasien dan Klik Bayar

2. Kemudian Pilih Metode Pembayaran dan Akun yang sesuai

Metode Pebayaran Tunai

  • Apabila Anda memilih Metode Pembayaran Tunai, maka secara default Akun yang dipilih adalah Akun Kas
  • Setelah itu Isi Total Bayar dan Dibayar Oleh

Metode Pembayaran Non-Tunai

  • Apabila Anda memilih Metode Pembayaran Debit, maka Anda dapat memilih akun sesuai dengan Bank yang tersedia
  • Setelah itu isi Nomor Kartu dan Nama Pemilik Kartu dan Jumlah Pembayaran

Metode Pembayaran BPJS Kesehatan

  • Apabila Anda memilih Metode Pembayaran BPJS Kesehatan, maka secara default Akun yang dipilih adalah Cover Bpjs (Apabila pasien terdaftar sebagai Pasien Bpjs)
  • Selanjutnya isi Nomor Kartu dan Nama Pemilik Kartu

3.  Kemudian Klik Simpan

Dengan memilih Akun sesuai dengan metode pembayaran, maka alur masuknya uang lebih dengan mudah diketahui sehingga tidak tercampur antara pembayaran Tunai dan Non-Tunai.

Sekian cara Pengaturan Akun Tujuan Transaksi Pembayaran Pasien dengan mudah dan cepat dalam Sistem Klinik Assist.id. Semoga bisa diimplementasikan di Klinik Anda dengan baik.

Cari tutorial Assist.id di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba! (▔▽▔)/

Live Chat sistem klinik Assist.id