Dalam pembangunan nasional, kesehatan memiliki peran integral dan krusial untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Klinik Pratama sebagai Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) memainkan peran utama dalam memberikan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama.

Tujuan Pembangunan Kesehatan Nasional

Tujuan utama pembangunan kesehatan nasional adalah meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap individu. Hal ini bertujuan untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang, dan terpadu.

Monitoring dan Evaluasi oleh Dinas Kesehatan Kota

Dinas Kesehatan Kota dapat menyelenggarakan monitoring dan evaluasi terhadap Klinik Pratama melalui Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes). Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan didampingi oleh Dinas Kesehatan Provinsi. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mutu kinerja klinik melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen dan penyelenggaraan upaya kesehatan perorangan.

Saran untuk Peningkatan Kualitas Klinik Pratama

  1. Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia. Pengelola klinik perlu fokus pada peningkatan kompetensi sumber daya manusianya melalui kepemilikan Surat Izin Praktek (SIP).  
  2. Memastikan Sarana Prasarana Sesuai Standar. Penting untuk memastikan bahwa sarana prasarana yang tersedia di klinik sudah sesuai standar Peraturan Menteri Kesehatan No.14 Tahun 2021.  
  3. Memahami Aplikasi INM dan IKP. Sebagai acuan untuk peningkatan mutu klinik, pengelola klinik harus memahami aplikasi INM dan IKP sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat keberhasilan mutu pelayanan kesehatan di fasilitas tersebut.  

Baca Juga: Kelola Klinik Pratama Lebih Mudah Pakai Assist.id

Optimalisasi Program Kerja Klinik Pratama menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di tingkat pertama. Dengan fokus pada peningkatan kompetensi sumber daya manusia, pemastian sarana prasarana yang sesuai standar, dan pemahaman terhadap aplikasi INM dan IKP, klinik dapat memainkan peran yang lebih efektif sebagai mitra masyarakat dalam upaya pemeliharaan kesehatan yang mandiri.

Atur jadwal demo di klinik Anda sekarang

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#IntegrasiSATUSEHAT #IntegrasiRekamMedis #PMK24 #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #simkliniksatusehat #BanggapakaiEMR #GrowWithAssist #PlatformSATUSEHAT #LebihMudahPakasAssistid

Subscribe newsletter kami untuk informasi terbaru seputar teknologi manajemen kesehatan atau follow instagram Kami di @assistid !