Saat pasien menjalani perawatan medis, ada kewajiban bagi dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lain yang terlibat dalam pelayanan pasien untuk melengkapi data identitas pasien, keluhan, diagnosis, dan pengobatan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis. Kemudian banyak pertanyaannya muncul, siapa yang bertanggung jawab untuk mengisi atau memasukkan data ke dalam rekam medis elektronik?

Apa saja isi RME?

Isi dari Rekam Medis Elektronik (RME) sesuai dengan Pasal 26 Permenkes 24 Tahun 2022 minimal mencakup:

  1. Identitas pasien.
  2. Hasil pemeriksaan fisik dan penunjang.
  3. Diagnosis, pengobatan, dan rencana tindak lanjut.
  4. Nama dan tanda tangan tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan.

Siapa yang mengisi RME?

Semua pihak yang terlibat dalam pelayanan pasien, mulai dari petugas di pendaftaran, perawat yang memeriksa tanda vital, dokter yang melakukan pemeriksaan, hingga perawat yang membantu dokter dalam menangani pasien, memiliki kewajiban untuk mengisi RME. Setiap catatan yang dimasukkan ke dalam RME harus mencakup nama dan tanda tangan.

Baca Juga: Manfaat Rekam Medis Elektronik bagi Pasien dan Dokter

Bagaimana proses pengisian RME?

Selama proses pengisian RME, pencatatan hasil pemeriksaan, pengobatan, tindakan, dan layanan kesehatan lainnya akan diberikan kepada pasien. Catatan ini harus lengkap, jelas, dan mencakup nama, waktu, serta tanda tangan tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan. Pencatatan dilakukan secara berurutan sesuai dengan waktu pelayanan kesehatan, dan jika terjadi kesalahan pencatatan, tenaga kesehatan dapat melakukan perbaikan.

Ketika terlibat lebih dari satu jenis tenaga kesehatan dalam pelayanan pasien, pengisian RME harus diintegrasikan. Hal ini menunjukkan bahwa pengisian RME dilakukan dalam satu dokumen yang mencakup banyak catatan kesehatan pasien dari setiap jenis tenaga kesehatan yang terlibat, dan catatan-catatan ini diatur secara berkesinambungan.

Baca Juga: Kelola Klinik Lebih Mudah Pakai Assist.id

Tertarik Mengetahui Lebih Lanjut mengenai produk Kami? Hubungi tim Assist.id untuk Informasi selengkapnya!

Atur jadwal demo di klinik Anda sekarang

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#IntegrasiSATUSEHAT #IntegrasiRekamMedis #PMK24 #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #simkliniksatusehat #BanggapakaiEMR #GrowWithAssist #PlatformSATUSEHAT #LebihMudahPakasAssistid

Subscribe newsletter kami untuk informasi terbaru seputar teknologi manajemen kesehatan atau follow instagram Kami di @assistid !