Terkadang pasien dan penyedia Asuransi bingung membedakan mana tagihan medis dan mana Explanation of Benefits (EOB). Berikut adalah perbedaanya :

Explanation of Benefits (EOB)

Explanation of Benefits (EOB)

Explanation of Benefits atau dikenal juga dengan Penjelasan Manfaat adalah pernyataan mengenai biaya yang dikeluarkan oleh pihak Asuransi, yang biasanya dikeluarkan setelah konsultasi dengan dokter. Adapun isinya berupa :

-Bagaimana pembiayaan diproses oleh perusahaan Asuransi

-Detail mengenai pelayanan yang telah dilaksanakan oleh penyedia layanan kesehatan

-Pembiayaan yang ditetapkan oleh pihak layanan kesehatan

Paham dalam membaca EOB bisa membantu Anda melacak pengeluaran dan menghindari pembayaran berlebihan untuk pelayanan tambahan, dan ini bukanlah sebuah tagihan.

Tagihan Medis

Tagihan Medis

Tagihan Medis adalah pernyataan yang dibuat oleh penyedia layanan kesehatan Anda yang jumlahnya harus dipenuhi oleh pasien. Surat ini membutuhkan waktu yang beragam untuk bisa dikeluarkan, bergantung dari waktu pemrosesan dan apakah penyedia layanan kesehatan mengirim dokumentasi tambahan ke pihak Asuransi. Adapun isi suratnya berupa :

-Pembayaran yang dibayarkan saat pelayanan kesehatan sedang berlangsung

-Seberapa banyak pihak Asuransi membayar kepada pihak layanan kesehatan

-Seberapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan untuk melunasi pelayanan kesehatan yang telah didapatkan

Anda wajib membandingkan EOB dengan Tagihan Medis untuk memastikan prosedur yang Anda terima dan pembiayaannya benar. Kesalahan bisa saja terjadi. Jika Anda memiliki pertanyaan ataupun membutuhkan bantuan untuk membaca dokumen ini, jangan takut untuk menghubungi pihak Asuransi ataupun pihak layanan kesehatan Anda.

Nah untuk Anda penyedia layanan kesehatan seperti Klinik, Apotek dan Rumah Sakit ada kabar baik nih untuk Anda.

Anda bisa membuat proses manajemen klinik Anda lebih mudah tanpa ribet dengan sistem informasi Assist.id . Dengan sistem informasi profesional, praktik bisa mendapatkan Rekam Medis Elektronik (EMR) dengan odontogram interaktif, pendaftaran paperless, booking jadwal konsultasi online, kasir full integrasi EMR & Apotek, laporan dan pengaturan lengkap.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi

Sumber artikel :

1, 2