Bidang Kesehatan Medis bukan ditujukan untuk mereka yang lemah. Sebelum teknologi online muncul, seorang dokter pergi ke klinik, menawarkan pelayanan terbaik, dan membiarkan kesetiaan pasien untuk melakukan sisanya. Mengalami hari yang sulit? Menghadapi pasien yang kurang ramah? Beliau masih bisa memastikan praktiknya masih tetap beroperasi. Namun sekarang tidak lagi.

Pasien zaman sekarang telah menjadi sebuah teka-teki baru. Sebelumnya pasien akan mendapatkan nasihat medis dari komunitas teman, keluarga, dan tetangga. Namun dengan informasi yang sangat luas-review, testimonial, peringkat-sekarang telah tersedia hanya dengan satu klik, komunitas virtual sekarang telah sama pentingnya dengan komunitas asli. 92% konsumen sekarang membaca review secara online, dan 80% dari mereka menyetujuinya sama halnya seperti rekomendasi personal.

92% konsumen membaca review secara online dan 80% mempercayainya.

Hal ini juga berlaku di bidang medis. 94% pasien mengatakan bahwa mereka menggunakan online review untuk menilai seorang dokter. Keberadaan teknologi online tidak bisa lagi dipungkiri.

Namun tenang, ada kabar baiknya. Teknologi online bermata dua-bisa menolong juga bisa mengganggu. Dengan mengawasinya secara hati-hati dan menumbuhkan persona online Anda, pasien baru bisa berdatangan, membangun tali silahturahmi dengan pasien yang sudah ada dan meningkatkan pertumbuhan klinik.

Jadi bagaimana cara terbaik untuk menumbuhkan keberadaan online Anda? Bagaimana caranya Anda membuat praktik Anda lebih terlihat dan mudah ditemukan? Bagaimana caranya memastikan bahwa calon pelanggan Anda SEMANGAT untuk mengunjungi klinik Anda?

Langkah 1: Monitor dan Promosikan Review Online

Sama halnya seperti kita menggunakan pencarian web untuk menemukan jam baru dan baju lebaran seperti yang teman Anda miliki (ngomong-ngomong apakah Anda sudah mulai mencari pernak-pernik lebaran :D?) , pasien sekarang juga memburu informasi mengenai ANDA secara online. Artinya Anda harus siap siaga saat pasien sedang mencari penyedia layanan kesehatan baru untuk mereka.

Website, blog, sosial media, dan channel digital lainnya adalah jembatan penghubung Anda dengan pasien sekarang (dan pasien sebelumnya) dalam share informasi pengalaman mereka ke teman  dan kolega mereka. Komunitas online memiliki pengaruh besar yang akan calon pelanggan Anda putuskan. Faktanya, 72% pasien menggunakan review online untuk mencari dokter baru.

Mempertahankan persona online Anda sangatlah penting, tapi hal itu juga menyita banyak waktu. Untungnya, teknologi dapat mengisi kekurangan tersebut. Memiliki peralatan yang tepat untuk membantu Anda dalam memonitor dan merespon ke review bisa dilaksanakan dengan simple dan tanpa hambatan. Teknologi dapat membuatnya mudah dengan memperjelas aspek positif praktik klinik Anda dan menunjukkan di aspek mana Anda dapat berkembang.

Pelanggan dapat meninggalkan like untuk dokter rekomendasi mereka (sumber: Screenshot Medicaboo App)

Mendapatkan pasien untuk share pengalaman mereka juga menjadi kunci untuk membangun reputasi online yang baik. Namun pada kenyataannya mereka cendrung meninggalkan kesan negatif dibanding kesan positif mereka. Tantangannya terletak pada praktik klinik masing-masing untuk bisa mendapatkan review baik tersebut. Perlu diingat, penggunaan teknologi adalah kuncinya. Teknologi dapat membantu provider untuk mengumpulkan feedback per-kunjungan post, cara yang simple bagi pasien Anda. Hal itu juga bisa mendorong review ke situs-situs yang sangat berguna. Jika destinasi situs online populer dimana praktik Anda kurang mendapatkan review, reputasi online yang baik dapat menjadi solusinya.

Langkah 2: Pastikan Praktik Anda dapat Ditemukan dengan Mudah secara Online

Jika ada calon pasien yang sedang browsing untuk mencari dokter baru, seberapa mudahkan mereka untuk menemukan praktik klinik Anda? Sudahkah Anda menyediakan informasi yang lengkap yang membuat mereka mau memilih praktik Anda? Apakah informasi tersebut sudah paling terupdate, akurat dan positif?

Saat masih banyak dari kita mengetahui pentingnya untuk dapat ditemukan oleh search engine, banyak yang tidak mengetahui bahwa review menjadi bagian yang besar dalam rangking tersebut. Dalam kasus studi 30.000 bisnis online, review online meningkatkan kunjungan laman sebanyak 40% dalam waktu 9 bulan. Menghasilkan review online dapat meningkatkan ranking pencarian dan membuat praktik klinik Anda menjadi hasil pencarian populer.

Menggunakan teknologi yang terhubung dengan review online dengan search engine dan situs review seperti google adalah sebuah kewajiban untuk mempertahankan keberadaan dan reputasi online praktik klinik Anda. Google memberikan search ranking lebih tinggi berdasarkan jumlah review yang diterima klinik, jadi mengumpulkan review pada basis konsisten itu penting. Salah satu caranya adalah dengan meninggalkan akses ke Anda berupa, email, newsletter, dan bentuk komunikasi lainnya. Hal ini akan akan memudahkan bagi pasien dan membuat Anda user-frienfly, meningkatkan kemungkinan mereka untuk respon.

Mengelola keberadaan online di berbagai situs review seperti google, yahoo dan yelp membutuhkan waktu ekstra yang profesional tidak miliki. Pertimbangkanlah untuk menggunakan tools Manajemen Hubungan Pasien (Patient Relationship Management / PRM) yang akan membantu Anda hemat waktu dan membawa tamu untuk manajemen online review untuk tetap aktif. Alat yang akan secara otomatis mengumpulkan review pasien yang sangat penting untuk menjaga klinik Anda tetap di laman top review, meng-set peringatan untuk menotifikasi Anda saat pasien telah memposting komentar buruk tentang Anda, dan dapat menghandel komplain mereka dengan sopan.

Atau Anda bisa menyerahkan pengelolaan klinik Anda ke sistem profesional yang pastinya masih dibawah kendali Anda. Sistem Informasi klinik yang dapat menyimpan data pasien dan update status konsultasi, rekam medis, penyerahan obat dengan sangat mudah dengan izin Anda. Juga sistem informasi klinik dimana Anda tidak repot lagi untuk mengecek persediaan obat satu-per-satu karena datanya dapat dengan mudah Anda update dari smartphone ataupun laptop Anda tiap kali stock obat digunakan ataupun telah tiba di tangan pasien, seperti Sistem Informasi Klinik Assist.id yang akan dibahas di akhir tulisan ini.

Langkah 3: Aktif di Media Sosial

Sosial Media adalah tool luar biasa bagi medis profesional. Sayangnya, tool ini juga sering tidak dipedulikan. Kurang dari 19% klinik yang menggunakan sosial media dalam pemasarannya. Hal ini sungguh disayangkan. Sosial media dapat menciptakan dan memperdalam hubungan yang sangat penting di bidang medis. Coba pikirkan, sekarang Anda bisa berkumpul dengan calon pasien dimanapun mereka berada!

Sukses menggaet pelanggan lewat sosial media bisa mempengaruhi penilaian pasien. Itu juga mendorong pasien untuk lebih peduli pada kesehatan mereka, juga membahagiakan pasien. Lebih dari 40% konsumen mengatakan bahwa informasi yang mereka temukan di sosial media mempengaruhi pandangan mereka mengenai kesehatan. Siapa yang bisa menyediakan informasi itu lebih baik dari Anda?

Platform ini memungkinkan pasien untuk belajar mengenai praktik kesehatan dan berhubungan dengan orang yang mengenal Anda. Sharing mengenai update, event, informasi edukasional dan promo menunjukkan keaktifan Anda dan memungkinkan Anda untuk bergabung dengan mereka. Tulisan dan video testimoni juga membuat orang mendengar secara langsung dari pasien yang puas dengan pelayanan Anda.

Solusi teknologi terbaru adalah kunci berkompetensi di dunia online. Innovatif dan tools yang berdampak tinggi dapat memaksimalkan persona online dan reputasi Anda dapat membantu klinik Anda menonjol. Tools itu juga akan membantu Anda membangun dan mempertahankan nama baik klinik Anda. Tools tersebut tidak akan memakan banyak waktu Anda. Teknologi yang tepat bisa menjadi "alat serba bisa" untuk memanajemen persona online dan reputasi klinik Anda di berbagai dunia digital.

Permudahlah manajemen klinik Anda tanpa ribet dengan sistem informasi Assist.id . Dengan sistem informasi profesional, praktik bisa mendapatkan Rekam Medis Elektronik (EMR) dengan odontogram interaktif, pendaftaran paperless, booking jadwal konsultasi online, kasir full integrasi EMR & Apotek, laporan dan pengaturan lengkap.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi