Strategi menghadapi wabah COVID-19

COVID-19 (CoronaVirus Disease 19)

Yang disebut dengan Virus Corona (COVID-19)

Virus corona adalah virus yang biasa ditemukan pada hewan. Namun baru-baru ini ditemukan bahwa virus ini juga bisa menjangkit dan hidup di dalam tubuh manusia yang menyebabkan berbagai macam penyakit seperti flu, batuk, sesak napas, demam tinggi  dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya .

Proses Penyebaran Virus Corona

Menurut para ahli kesehatan, virus ini bisa menyebar antara manusia ke manusia lainnya melalui:

  • Sentuhan kulit
  • Tetesan cairan dari mulut dan hidung
  • Batuk/bersin
  • Benda-benda yang sudah dipegang oleh orang yang terinfeksi karena virus bisa tetap hidup pada benda mati.

Maka diperlukan physical distancing untuk menghentikan penyebaran virus corona (COVID-19) dan setiap orang perlu menjaga jarak jika berada di luar rumah seperti di Supermarket, Klinik, Dan tempat-tempat umum lainnya serta diwajibkan menjaga kebersihan dan memakai masker saat keluar rumah.

Bagaimana Assist.id membantu Klinik terapkan Physical Distancing ?

Physical distancing merupakan langkah pencegahan dan pengendalian penyebaran virus corona dengan menganjurkan agar orang membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung dengan orang lain sebagaimana yang sedang pemerintah terapkan di masyarakat.

Pandemi virus corona (COVID-19) juga sangat berdampak pada aktivitas masyarakat dalam berbagai hal, salah satunya untuk memeriksa kesehatan mereka secara berkala, bahkan membatasi berkunjung ke klinik seperti klinik dokter gigi dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk melindungi dokter dan pasien dari penularan COVID-19.

Assist.id melalui fitur-fiturnya dan sistem yang terintegrasi membantu klinik menerapkan physical distancing dari berbagai sisi seperti Klinik dan Pasien, Klinik dan Pemilik Klinik, dan juga antar Staf di Klinik.

Antara Klinik dan Pasien

  1. Membuat Jadwal Konsultasi Online
Booking online sistem klinik Assist.id

Pada umumnya seorang pasien harus datang langsung ke rumah sakit menemui dokter untuk sekedar konsultasi atau berobat. Ada kalanya dokter tersebut tidak ada di klinik karena suatu urusan atau sedang menangani pasien lain di waktu yang sama sehingga seseorang harus bolak-balik ke klinik atau rumah sakit hanya untuk menemui dokter.

Beberapa klinik masih mengandalkan Whatsapp untuk membuat Appointment dengan dokter. Cara ini tidak terlalu efektif karena mungkin dalam satu hari ada puluhan atau ratusan pasien yang sedang membuat Appointment dokter di klinik tersebut melalui Whatsapp. Sehingga apakah mungkin pasien sebanyak itu bisa ditangani oleh satu Admin secara efektif? Atau mungkin harus menambah pekerja hanya untuk melayani pembuatan Appointment dokter. Lalu bagaimana dengan pandemi corona yang terjadi saat ini? Bukankah kita harus melaksanakan physical distancing yang menghimbau agar tidak melakukan kontak fisik dan berdesak-desakan dimanapun berada?

Dalam menjawab masalah di atas, Assist.id memiliki fitur Online Booking. Fitur ini mendukung pasien untuk bisa melakukan booking konsultasi dokter secara online melalui website maupun Aplikasi Assist.id sehingga pasien nantinya bisa datang sesuai dengan jadwal booking dan tidak perlu berlama-lama menunggu di klinik yang bisa meningkatkan resiko tertular virus corona. Dengan adanya fitur ini maka akan mengurangi kepadatan di klinik sehingga pelayanan jadi lebih efisien. Selain itu, seorang pasien juga akan mendapatkan pemberitahuan secara langsung mengenai status konsultasinya di aplikasi pasien.

2. Antrian Poli

Biasanya seorang petugas klinik akan memberi nomor antrian terlebih dahulu dan setelahnya akan memanggil nama-nama pasien sesuai nomor antriannya. Seorang petugas akan kewalahan jika memanggil pasien dalam jumlah yang banyak terlebih lagi harus mengulang-ulang panggilan. Sebaiknya, tambahan fasilitas pelayanan dapat diberikan untuk mengurangi antrian ataupun untuk mencegah timbulnya antrian. Akan tetapi biaya yang dikeluarkan akan menimbulkan pengurangan keuntungan bahkan sampai di luar jangkauan. Terlebih seringkali antrian yang panjang akan mengakibatkan hilangnya pelanggan/pasien. Cara seperti ini tidaklah efektif diterapkan di klinik.

Tampilan Monitor Antrian

Assist.id mempunyai fitur yang mampu membuat antrian di klinik jadi lebih efisien. Fitur ini bisa menampilkan antrian di TV klinik sehingga pasien bisa melihat langsung kapan ia akan dipanggil. Seorang pasien yang telah melakukan booking dokter secara online akan mendapatkan notifikasi melalui email. Kemudian data pasien dan jadwal antrian akan muncul di aplikasi pasien apabila sudah dikonfirmasi oleh Admisi klinik. Selain itu, panggilan pasien di klinik dilakukan secara otomatis sehingga petugas klinik tidak harus mengeluarkan tenaga untuk memanggil pasien. Terlebih tidak diperlukannya tenaga dari petugas tambahan sehingga tidak mengeluarkan biaya lebih yang berimbas pada pendapatan klinik.

Antara Klinik dan Pemilik Klinik

3.  Pantau Aktivitas Klinik Dimanapun

Menanggapi wabah corona atau COVID-19 yang semakin mengancam kesehatan dunia, pemerintah menghimbau agar masyarakat tetap #dirumahaja dengan sekolah di rumah, belanja dari rumah, bekerja di rumah, dan sesering mungkin membatasi diri untuk keluar rumah apabila tidak ada urusan yang sangat penting seperti memeriksakan kesehatan jika terjadi gangguan kesehatan yang serius dan sebagainya. Langkah ini dilakukan agar penyebaran virus corona dapat terhenti.

Di tengah pandemi corona dan penyebarannya yang sangat pesat yang tidak dianjurkan seseorang untuk bekerja di luar rumah, lalu bagaimana dengan pemilik klinik yang harus memantau perkembangan kliniknya setiap saat?

Menjawab pertanyaan di atas, Assist.id memiliki fitur notifikasi real time sehingga pemilik klinik akan mendapatkan update informasi terbaru dari sistem secara langsung. Dengan begitu tidak perlu selalu ada di tempat/klinik karena seorang pemilik klinik bisa mengakses sistem dimanapun dan kapanpun secara real time menggunakan laptop, tablet ataupun smartphone. Seorang pemilik klinik juga akan mendapatkan laporan operasional secara instan. Laporan yang lengkap mulai dari kegiatan, keuangan, kinerja staf,stok obat, dan sebagainya dengan mudah dan aman.

Antar Staff di Klinik

4.  Rekam Medis Elektronik (EMR)

Rekam Medis Elektronik (EMR)

Rekam medis adalah catatan/dokumen yang berisi tentang kondisi keadaan pasien. Bukan hanya catatan keadaan pasien, rekam medis ini meliputi laporan identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Beberapa klinik biasanya masih menggunakan sistem manual dalam melakukan rekam medis.

Dalam pandemi COVID-19 saat ini, sepertinya tidak memungkinkan seorang staf dengan staf lain bekerja secara efektif jika diberi jarak temu dan memegang benda yang telah dipegang oleh orang lain.

Dilansir dari cnnindonesia.com (26/02/2020) bahwasannya Lembaga Biologi Molekuler Eijkman menanggapi pernyataan peneliti dari Badan Kesehatan AS (Centers for Disease Control and Prevention/CDC), yang menyebut virus corona bisa bertahan 5 menit hingga 9 hari ketika menempel di benda mati apabila benda tersebut tidak di desinfektan.

Dengan begitu, untuk rekam medis dengan cara manual atau masih mencatat di buku bukanlah cara efektif. Karena kita perlu melakukan physical distancing yang bukan hanya dari manusia ke manusia tapi juga dari manusia ke benda mati.

Dengan menggunakan Assist.id, rekam medis jadi lebih mudah dan efisien. Assist.id mempunyai fitur rekam medis (EMR) yang bisa membantu rekam medis secara online melalui sistem. Assist.id memberikan kebebasan kepada dokter/staff untuk menulis rekam medis (EMR) sesuai kebutuhan dengan berbagai format penulisan seperti diagnosa ICD 10, Catatan prosedur, Vital Sign, Catatan Perawat, E-Resep, dan masih banyak lagi.  Dengan begitu, rekam medis jadi lebih cepat dan mudah. Dan tentunya mengurangi jarak temu antar staf dan menghindari bersentuhan dengan staf lain dan benda-benda mati.

5.  Struk Pembayaran Via Email

Untuk menghindari kontak fisik secara langsung dengan pasien selain fitur rekam medis elektronik, Assist.id juga membantu physical distancing dengan fitur struk pembayaran. Dengan menggunakan fitur ini, struk pembayaran dokter bisa dikirim lewat surat elektronik atau email dari Admisi klinik ke email pasien yang bersangkutan. Sehingga mengurangi kertas dan juga kontak fisik langsung.

Kesimpulan

Fitur-fitur Assist.id seperti konsultasi online, antrian poli, rekam medis, struk pembayaran elektronik, dan fitur pantau aktivitas dimanapun secara real time sangatlah membantu dalam penerapan physical distancing di klinik. Banyak klinik yang telah bekerja sama dengan Assist.id melihat banyaknya kemudahan yang didapat. Jadi, Assist.id memberikan solusi terbaik bagi klinik Anda dalam masa wabah COVID-19 saat ini.

Selain dengan cara-cara diatas kita juga harus terus menjaga kebersihan, sering cuci tangan dan menjaga kesehatan.

Stay safe ya, semoga wabah ini bisa segera berakhir.