Memulai sebuah praktik selalu membawa arus optimisme dan antusias tinggi. Namun seiring proses berjalan, pengusaha muda sering dihadapi dengan tantangan unik. Berikut adalah 5 Kesalahan Fatal Praktik Kesehatan, yang jika diatasi lebih cepat, bisa memastikan klinik/praktik Anda tidak seperti kapal yang perlahan tenggelam.

1.Tidak membuka jam praktik secara maksimal

Klinik Anda baru saja diresmikan dan Anda pasti memerlukan modal untuk bisa tetap beroperasi. Jangan langsung "mempekerjakan" seseorang untuk melayani pasien supaya anda dapat mengelola klinik. Anda harus mengelola klinik diantara kunjungan pasien, atau setelah jam kerja saat klinik pertama kali beroperasi. Tidak ada yang bilang mengelola klinik itu mudah. Ingatlah satu hal-Anda ingin semua aset dan uang kas di bank lebih besar dibanding jumlah hutang. Anda harus sering-sering mengecek hal ini. Hal ini disebut Rasio Likuiditas dan tidak akan berada di atas angka 1 saat Anda baru pertama kali beroperasi, namun tetap saja mendapatkan angka 1.0 menjadi prioritas Anda untuk sekarang. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk memprediksikan resiko suatu bisnis.

2.Tidak serius saat merekrut staff

Salah satu pembunuh bisnis kecil adalah sering merekrut staff dengan nilai yang tidak sesuai dengan arahan bisnis. Interviewlah dengan mereka melebihi diri Anda sendiri (Anda juga bisa meminta bantuan mentor ataupun anggota staff lain yang bisa membantu Anda dalam hal ini), hal ini akan memberikan Anda sudut pandang lain. Buatlah mereka bekerja untuk posisi yang Anda butuhkan di klinik dan tanyalah pertanyaan mengenai perilaku mereka di situasi berbeda. Waktu yang telah dihabiskan, meskipun menyakitkan, proses interview bisa menjadi perbedaan antara biaya 100k dan 500k per tahun, tergantung dari hasil intervew yang Anda dapatkan.

3.Tidak menyemangati tim

Karyawan memerlukan semangat. Anda tidak memilki modal internal marketing yang besar (lebih banyak uang dibutuhkan untuk marketing bisnis ke team marketing) jadi bagaimana caranya Anda mencapai kesuksesan? Dengan menjadi transparan dengan goal bisnis, pergerakan yang akurat dalam strategi penjualan, aktif di media sosial, dan memberi piagam penghargaan ke tim serta performa individu atas pencapaian mereka memang tidak menyita banyak modal tapi efektif untuk meningkatkan kinerja tim.

4.Tidak memantau data secara reguler

Anda memerlukan berbagai macam data statistik untuk klinik Anda! Anda harus bisa memantau bisnis Anda sendiri secara lebih spesifik dan luas sekaligus. Dan yang paling penting, performa individu, performa klinik, pencapaian terbaik dalam setahun, pencapaian terburuk dalam setahun, dan siapa pelanggan terbaik Anda, adalah salah satu dari berbagai Aspek yang harus Anda pantau. Pantaulah klinik Anda lebih baik dengan Software Klinik terpercaya Assist.id yang akan dibahas lebih lanjut diakhir tulisan ini .

5.Lebih fokus ke pelanggan baru demi prioritas pertumbuhan klinik

Anda memilki 10x kemungkinan lebih besar mendapatkan kesepakatan bisnis dengan pelanggan lama dibanding pelanggan baru. Hal ini berarti, jika Anda lebih mempedulikan referal dari dokter baru , Anda harusnya lebih menghabiskan mayoritas waktu Anda untuk referal dokter yang sudah ada dan menjadikannya full time advocate untuk klinik Anda. Pendek kata, dokter yang menganjukan klinik Anda 2 pasien per minggu memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengenalkan klinik Anda ke 5 pasien baru per minggu dibanding dokter baru yang mengirimi Anda 3 pasien per minggu secara terus menerus.

Hal ini memang klise, namun kesalahan akan terus terjadi di setiap langkah bisnis Anda. Dengan memeriksa langkah Anda secara berulang dan memperbaiki area yang perlu diperbaiki dalam jangka waktu tertentu, Anda pasti dapat membangun pertahanan dan bisa memantau lebih jauh untuk tantangan kedepannya.

Hal yang perlu diingat, Anda tidak perlu khawatir dengan tugas penataan data yang ribet dan memakan waktu banyak seperti proses pengisian form pendaftaran klinik, pencarian data Rekam Medis Pasien, proses stock obat , dan lainnya karena sekarang telah ada software managemen klinik terpercaya Assist.id .

Manajemen klinik Anda dapat dipermudah tanpa ribet dengan sistem informasi Assist.id . Dengan sistem informasi profesional, praktik bisa mendapatkan Rekam Medis Elektronik (EMR) dengan odontogram interaktif, pendaftaran paperless, booking jadwal konsultasi online, kasir full integrasi EMR & Apotek, laporan dan pengaturan lengkap.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi

Sumber