Anda baru saja memutuskan untuk mendirikan klinik? Waspadailah hal-hal berikut jika tidak ingin klinik Anda mengalami kebangkrutan :

Rekening Bank Kosong

Bagi mereka yang baru saja memutuskan untuk  memulai usaha baru, mereka cendrung ingin menginvestasikan semua uang mereka untuk membeli kelengkapan usaha, apapun jenis usahanya. Investasi memang penting bagi usaha klinik namun menjaga jumlah kas juga tidak kalah penting. Anda tidak akan pernah tahu apa yang mungkin terjadi di masa mendatang, namun Anda tentunya harus mempersiapkan diri apabila terjadi hal terburuk. Ada baiknya Anda tidak membiarkan rekening Bank Anda kosong.

Menghabiskan uang tanpa memperdulikan pendapatan

Dalam melakukan bisnis tentu Anda menginginkan yang terbaik. Anda rela menghabiskan uang untuk membeli modal dan melengapi perlengkapan klinik, namun Anda harus mengingat satu hal, apakah modal Anda akan kembali di waktu yang tepat? Waktu yang tepat disini dimaksudkan dengan saat Anda membutuhkan modal untuk membayar tagihan. Semua modal yang Anda habiskan harus memiliki feedback yang positif, jika tidak klinik Anda bisa mengalami kebangkrutan.

Terlalu hemat

Anda tidak dapat menginvestasikan semua modal Anda untuk kemajuan klinik yang belum pasti, namun Anda juga jangan terlalu pelit untuk menginvestasikan klinik Anda. Lakukanlah penilaian yang bijak tentang apa yang harus Anda kembangkan dan apa yang harus Anda jaga di klinik Anda sendiri. Bijaksanalah dalam memilih.

Kesalahan teknis dalam pembiayaan

Kesalahan teknis bisa dihindari, terutama menyangkut tentang kedisiplinan membayar tagihan. Pembayaran tagihan tepat di waktunya akan membuat bisnis klinik Anda stabil, Taghan yang dibayar terlambat akan mewajibkan Anda untuk membayar denda. Daripada mengeluarkan biaya yang tidak sediki untuk membayar denda, akan jauh lebih baik jika Anda menggunakannya untuk upgrade perlengkapan klinik.

Tidak mengetahui kapan berhenti

Anda harusnya mengetahui kapan investasi Anda terhadap klinik dihentikan. Akan lebih baik jika Anda melihat dahulu apakah investasi sebelumnya berjalan dengan lancar sebelum memulai investasi baru. Dengan melakukan hal tersebut bisnis Anda akan lebih bertahan.

Cara terampuh dalam mengendalikan finansial Anda adalah dengan mengendalikan laporan keuangan. Anda dapat menyusun laporan keuangan jauh lebih efektif apabila Anda menggunakan Assist.id Laporan elektronik Assist.id disusun dengan baik dan dapat dengan sangat mudah dipahami. Laporan klinik yang disusun oleh Assist.id dapat diakses dari mana saja dan kapan saja yang akan memudahkan Anda untuk mengendalikan laporan klinik Anda.

Untuk membantu staff, dokter, perawat, admisi dan pemilik bisnis Klinik, Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS . Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi