Pasien pindah rumah sakit, klinik, atau ganti dokter seringkali didorong oleh berbagai alasan pribadi dan pelayanan yang diterima. Kami, di Assist.id, memahami bahwa kepuasan pasien adalah prioritas utama. Melalui artikel ini, kami akan membahas beberapa alasan umum pasien pindah klinik dan memberikan solusi terbaik untuk memastikan pengalaman berobat yang tak tertandingi.

Antrean yang Lama

Pasien biasanya pindah klinik karena proses administrasi yang rumit dan menunggu antrean yang lama. Proses yang memakan waktu yang cukup lama, seperti registrasi atau pendaftaran umum, pendaftaran poli khusus, dan pengambilan obat, dapat membuat pasien berpikir ulang untuk berobat ke tempat yang lebih pendek antreannya.

Pasien yang datang ke klinik juga ingin mendapatkan perawatan cepat dan sembuh, jadi staf harus membuat kebijakan praktik yang jelas dan konsisten, mulai dari janji temu dengan dokter hingga pembayaran tagihan, untuk mencegah pasien menunggu terlalu lama.

Tenaga Medis Kurang Profesional

Penanganan yang kurang profesional adalah alasan lain pasien pindah klinik dan ganti dokter. karena dokter dan anggota staf kurang profesional, yang dapat ditunjukkan dengan perilaku tidak sopan atau tidak empati terhadap kondisi pasien.

Menurut beberapa sumber, dokter yang telat datang ke praktik dapat membuat pasien merasa kondisi kesehatan mereka tidak dianggap serius dan waktu mereka tidak dihargai dengan baik. Pasien dapat pindah ke klinik karena kurangnya komunikasi saat pemeriksaan. Selain itu, proses konsultasi yang terlalu cepat tanpa diskusi antara dokter dan pasien juga dapat menyebabkan pasien enggan melanjutkan pengobatan di klinik.

Biaya Pengobatan Mahal

Pasien biasanya akan membandingkan kualitas perawatan dan biaya perawatan mereka dari satu klinik ke klinik lainnya. Pasien kemungkinan besar akan pindah ke klinik lain jika biaya yang ditawarkan mahal dan dapat diperoleh di tempat lain dengan harga lebih murah.

Klinik dapat mengubah harga pengobatan serta kualitas perawatan yang akan diberikan kepada pasien. Jangan lupa untuk menjelaskan kepada pasien keunggulan perawatan yang dapat mereka terima di klinik tersebut. Klinik dapat menawarkan program diskon bagi pasien untuk mengurangi biaya pengobatan yang mahal jika memungkinkan.

Fasilitas yang kurang memadai

Pasien juga dapat pindah ke klinik atau rumah sakit karena fasilitas atau sarana klinik yang buruk. Sebagai contoh, pasien pindah klinik dapat mempertimbangkan hal-hal seperti ruang parkir yang terlalu sempit, sedikit bangku di ruang tunggu, atau peralatan medis yang kurang canggih.

Jangan lupa bahwa kebersihan toilet, ruang praktik, dan ruang tunggu klinik dapat menjadi alasan pasien memilih fasilitas kesehatan yang lebih baik, terawat, dan cukup. Perlu diperhatikan bahwa citra klinik pasien terdiri dari sarana dan prasarana yang bersih dan memadai.

Pengobatan dan Penanganan Jadul

Ilmu kesehatan terus berkembang, menghasilkan berbagai pilihan perawatan dan pengobatan untuk pasien. Sebagian besar masyarakat juga sudah dapat mengakses informasi dan testimoni tentang perawatan dan pengobatan penyakit baru.Pasien dapat mempertimbangkan ulang untuk melanjutkan pengobatan di klinik jika dokter terus menerapkan perawatan yang tidak efektif atau jadul.

Berikut adalah beberapa alasan pasien pindah ke klinik, pindah ke rumah sakit, dan mengganti dokter yang mereka rawat. Manajemen klinik yang baik pada dasarnya dapat mencegah hal-hal di atas. Menentukan standar prosedur operasional (SOP) terbaik dalam pelayanan kesehatan dapat mengurangi jumlah pasien yang pindah ke klinik.

Baca Juga : Tips Meningkatkan Kepuasan Pasien di Klinik

Tertarik Mengetahui Lebih Lanjut mengenai produk Kami? Hubungi Tim Assist.id untuk Informasi Selengkapnya!

Atur jadwal demo di klinik Anda sekarang

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#IntegrasiSATUSEHAT #IntegrasiRekamMedis #PMK24 #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #simkliniksatusehat #BanggapakaiEMR #GrowWithAssist #PlatformSATUSEHAT #LebihMudahPakasAssistid

Subscribe newsletter kami untuk informasi terbaru seputar teknologi manajemen kesehatan atau follow instagram Kami di @assistid !