Alat kedokteran yang paling sering digunakan tergantung dari jenis dokternya. Berikut adalah alat kedokteran yang sering digunakan untuk mendiagnosa penyakit pasien :

1.Stetoskop

Stetoskop

Alat ini berfungsi untuk mendengarkan suara yang terdapat di dalam tubuh. Seperti suara paru-paru, detak jantung, dan untuk memeriksa gangguan pada usus dan lambung.

2.Otoskop

Otoskop

Alat ini sering digunakan oleh dokter THT. Alat ini bertujuan untuk membantu memeriksa saluran telinga pasien. Alat ini bisa membantu dokter untuk menunjukkan apakah telinga pasien mengalami infeksi.

3.Termometer

Termometer

Alat ini bertujuan untuk mengukur suhu tubuh. Ada banyak jenis termometer seperti, termometer oral dan resital, termometer digital, termometer telinga, dll.

4.Penlight atau Senter Medis

Penlight

Alat ini bertujuan untuk mengecek telinga, mata dan hidung pasien. Dokter biasanya mempersiapkan alat ini supaya bisa mengecek pasien dengan cepat.

5.Tensimeter

Tensimeter

Selain dokter, tenaga medis seperti perawat dan bidan juga menggunakan alat ini. Alat ini bertujuan untuk mengecek tekanan darah.

6.Timbangan Badan

Timbangan Badan

Alat yang selalu tersedia di ruangan dokter ini bertujuan untuk mengukur berat badan pasien. Di ruang dokter biasanya juga terdapat pengukur tinggi badan. Sebagian diagnosa membutuhkan tinggi dan berat badan pasien, oleh karena itu alat ini selalu tersedia di ruang dokter.

Nah itulah alat kedokteran yang sering digunakan dokter. Gunakanlah Assist.id sebagai sistem informasi klinik Anda. Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi