Saat Anda mendengar kata Psikolog apa yang terbayang di pikiran Anda ? Mereka yang mendengarkan keluhan orang lain dan mencoba menolongnya keluar dari masalah jiwa? Anda benar. Mereka mendalami ilmu mereka dalam membahas tingkah laku dan proses mental. Namun Anda juga harus mengetahui perbedaan Psikolog dan Psikiater.

Psikolog adalah mereka yang mendalami ilmu mengenai tingkah perilaku manusia dalam hubungannya dengan lingkungan.

Sementara

Psikiater adalah mereka yang mendalami ilmu mengenai gangguan mental, meliputi gangguan :
-afektif
-perilaku
-kognitif
-perseptual

Dokter Psikiater memberikan resep sebagai bagian dari pengobatan mereka, sementara  Psikolog lebih menggunakan sistem konseling untuk membantu pasien mereka.

Nah jika Anda ingin menjadi seorang Psikolog, inilah 4 skill yang wajib Anda miliki :

Memiliki kemampuan komunikasi

Komunikasi adalah kunci dari kesuksesan Anda, karena tanpa bisa berkomunikasi sayangnya Anda tidak dapat membantu pasien. Anda juga harus bisa memberikan masukan ke pasien tanpa memberi kesan "menggurui" mereka. Pelajarilah bagaimana cara seorang psikolog yang sudah ahli dan carilah cara tercocok bagi Anda untuk berkomunikasi ke pasien.

Bisa menjaga rahasia

Alasan utama pasien membutuhkan psikolog adalah mereka tidak menemukan siapapun yang bisa mereka percayai untuk menjaga keluhan mereka. Apabila Psikolog tidak bisa menjaga rahasia mereka, siapa lagi yang bisa pasien percayai ?

Harus memiliki kesabaran

Anda yang memiliki kesabaran tinggi dan dapat menjaga emosi akan sangat cocok menjadi Psikolog. Pasien yang memutuhkan bantuan Psikolog adalah mereka yang memiliki permasalahan yang emosional, dan butuh kesabaran dan kepala dingin untuk mencari jalan keluarnya. Anda juga akan banyak menemui masalah aneh-aneh yang terkadang tidak bisa diterima akal sehat, namun disanalah seninya.

Pendengar yang baik

Terkadang pasien Anda hanya perlu untuk didengarkan, dan apabila Anda tipe yang banyak bicara dan tidak tahan mendengar keluh kesah orang lain Anda mungkin kurang cocok untuk menjadi Psikolog. Menjadi Psikolog bukan sekedar menolong mereka yang mengalami guncangan mental namun juga belajar mengenai kehidupan orang lain.

Kira-kira skill apa lagi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Psikolog ?

Jangan lupa untuk menggunakan Assist.id sebagai sistem informasi klinik Anda. Temukan Assist.id disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi