Saat berkunjung ke RS/Klinik pastinya Anda menjumpai pintu ruangan dokter dengan nama dan gelar mereka yang memiliki banyak jenis. Hal ini akan memudahkan pasien dan petugas RS/Klinik untuk menemukan mereka. Saat Anda memutuskan untuk bergelut di dunia medis, Anda harus memahami gelar dan makna dari dokter-dokter ini, serta berbagai penyakit yang bisa mereka atasi. Berikut daftarnya :

Spesialis Anak (Sp.A) : dokter yang khusus menanganai penyakit yang menyerang bayi sampai anak-anak

Spesialis anak atau yang disebut juga pediatri, adalah dokter yang paling dekat dengan anak-anak. Pekerjaan mereka fokus untuk menyembuhkan penyakit yang menyerang bayi sampai anak-anak. Penanganan untuk orang dewasa berbeda dengan anak-anak, oleh karena itu dokter ini wajib memiliki spesialisnya sendiri.

Spesialis Bedah Mulut (Sp.BM)

Tidak semua dokter gigi adalah dokter spesialis bedah mulut. Dokter bedah mulut adalah salah satu spesialis yang bisa diambil dalam kedokteran gigi. Dokter Bedah Mulut menangani permalasahan yang berkaitan dengan kesehatan gigi dan mulut dan pembedahannya seperti operasi gigi impaksi.

Spesialis Penyakit Dalam (Sp.PD)

Sp.PD atau disebut juga Internist mendalami ilmu mereka mengenai penyakit sistemik dalam tubuh manusia selain jantung, pencernaan dan paru-paru, karena untuk sistem itu memiliki cabang ilmunya sendiri.

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah (Sp.JP)

Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah atau yang disebut juga dengan kardiolog, memiliki wewenang untuk menangani penyakit jantung. Kardiologi dibedakan menjadi 2 yaitu:
-fokus mendiagnosis dan mengobati penyakit jantung
-menangani masalah detak jantung tidak normal

Spesialis Kulit dan Kelamin (Sp.KK)

Spesialis Kulit dan Kelamin atau yang disebut juga dengan dermatologis ini menjadi rujukan pasien yang memiliki keluhan di area kulit dan kelamin, mengalami penyakit seperti bisul, bintik-bintik, cacar air, dan lainnya. Tidak hanya itu dokter ini juga bisa melayani konsultasi kulit wajah dan lainnya.

Spesialis Mata (Sp.M)

Organ mata memliki tingkat kompleksitas yang tinggi, oleh karena itu spesialis jenis ini membutuhkan disiplin ilmu sendiri untuk didalami. Selain bekerja di rumah sakit, spesialis mata juga bisa membuka praktik sendiri atau bergabung ke klinik mata lainnya.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Sp.OG)

Dokter yang fokus ke Kebidanan dan Kandungan ini sering menjadi rujukan para Ibu yang sedang mengandung. Mereka juga sering disebut obgyn yang merupakan sigkatan dari obstetrician-gynecologist ini memiliki wewenang untuk mengtasi penyakit yang berhubungan dengan reproduksi, termasuk menstruasi dan menopause.

Spesialis Bedah (Sp.B)

Spesialis bedah adalah dokter yang sangat dibutuhkan pada proses pembedahan. Cabang ilmu kedokteran memiliki sub-spesialis yang cukup beragam, terdiri dari :
-Bedah Saraf (Sp.BS),
-Bedah Anak (Sp.BA),
-Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik (Sp.BP-RE)
-dan lain-lain

Saat prosedur pembedahan spesialis bedah akan berkordinasi dengan dokter spesialis yang bersangkutan.

Spesialis Saraf (Sp.S)

Spesialis saraf atau neurologis menangani penyakit yang menyerang saraf seperti stroke, kelumpuhan, atau saraf terjepit. Dokter spesialis saraf akan bekerja sama dengan spesialis bedah saraf jika pasien membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Spesialis Urologi (Sp.U)

Spesialis yang menanganai penyakit yang menyerang saluran kemih ini sebenarnya adalah sub-spesialis dari dokter bedah. Adapun penyakit yang bisa ditangani dokter spesialis urologi berupa penyakit yang menyerang kandung kemih, ginjal, ureter, dan sistem reproduksi pria seperti testis, prostat dan penis.

Sebenarnya masih banyak gelar dokter dan spesialis mereka namun inilah yang paling banyak dijumpai. Sebelum menjadi dokter spesialis, ada baiknya Anda mengetahui sistem informasi klinik yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola data pasien Anda. Assist.id menyediakan sistem informasi klinik lengap dengan modul Electronic Medical Record (Rekam Medis Elektronik), modul apotek, modul kasir dan masih banyak modul lainnya yang akan sangat memudahan Anda untuk mengelola klinik Anda. Pelajari cara kerjanya disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi