Bidan memiliki peran penting dalam mendampingi dokter kandungan untuk memandu calon Ibu dalam menjaga kesehatan bayinya. Mulai dari masa kehamilan sampai saat pasca melahirkan. Seorang calon Ibu tentu memerlukan dukungan emosinal dan fisik dari tenaga terlatih. Apakah Anda memiliki hal-hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang bidan ? Berikut langkah-langkah yang harus Anda jalani.

Mengenali semua kondisi sebagai seorang bidan

Tugas utama bidan untuk mendampingi calon Ibu selama prosesi persalinan telah diakui sejak berabad-abad lalu. Prosesi kehamilan hingga melahirkan adalah prosesi yang sangat berharga bagi seorang wanita oleh karena itu bidan lebih memilih bekerja secara tradisional. Mereka merasa bahwa pekerjaan ini sebagai panggilan dari dalam diri mereka. Berikut adalah tanggung jawab bidan :

  • Memperhatikan kesehatan fisik dan mental calon Ibu selama proses kehamilan.
  • Menyampaikan informasi mengenai gizi dan nutrisi yang dibutuhkan selama proses kehamilan, informasi mengenao perawatan diri serta menjaga kestabilan emosi selama proses kehamilan.
  • Menjelaskan informasi mengenai opsi melahirkan, mencari tahu serta meyakinkan calon Ibu untuk memilih keputusan yang tepat.
  • Mendampingi dan memandu calon Ibu selama proses melahirkan
  • Bekerja sama dengan dokter kandungan, terlebih saat sang Ibu mengalami komplikasi.

Mempersiapkan diri untuk memikul tanggung jawab skala besar

Bidan diwajibkan untuk memiliki pengetahuan yang luas, serta memiliki kepercayaan yang cukup tinggi untuk mengambil keputusan yang besar dalam mengambil keputusan, apalagi saat sedang melaksanakan proses persalinan. : -Setiap proses kehamilan berbeda antara satu dengan lainnya, memiliki komplikasi yang berbeda sati sama lain. Anda sebagai calon bidan wajib untuk memahami bagaimana situasi setiap pasien yang Anda hadapi. Anda harus meningat nyawa Ibu dan janin berada di pundak Anda.

Hal penting lain yang harus Anda ingat adalah kesehatan emosional dan fisik sang Ibu juga merupakan tanggung jawab bidan.

Pahamilah jika Anda akan melakukan pengorbanan pribadi

Seorang bidan bekerja sama dari proses awal kehamilan hingga proses persalinan. Hal ini tentu akan membutuhkan waktu banyak dan membutuhkan ikatan kepercayaan yang kuat. Seorang bidan tentu harus mengutamakan pasiennya dibanding kepentingan dirinya sendiri.

  • Seorang bidan diharapkan untuk tersedia setiap saat, karena tidak ada yang tahu pasti kapan calon Ibu akan melahirkan.
  • Proses persalinan akan berlangsung kapan saja dalam waktu yang lama, persiapannya bahkan membutuhkan beberapa hari jika dibutuhkan, dan bidan harus mendampingi bidan disaat tersebut.
  • Seorang bidan adalah tempat curhat yang paling dekat dengan sang calon Ibu selama proses kehamilan. Wajar saja jika calon Ibu akan mengAndalkan bidannya dalam situasi apapun.

Memiliki Gelar Sarjana

Gelar sarjana dibutuhkan untuk menjadi seorang bidan. Anda memerlukan dasar yang kuat pada beberapa bidang berikut : Ilmu sains. Ambillah mata kuliah kimia, biologi, anatomi, fisiologi dan kesehatan. Ilmu sosial. Ambillah mata kuliah kelas fisiologi, sosiologi dan antropologi. Mata kuliah kemanusiaan seperti Kajian Wanita dan Sastra. Jika memungkinkan, pelajari sejarah profesi bidan. tanyakan kepada bidan mengenai pAndangan mereka dan pengalaman yang akan membantu Anda dalam mendapatkan gambaran dalam bidang yang Anda bangun.

Mendapatkan pengalaman kerja dengan bidan

Semua teori yang telah dipelajari akan lebih baik dibarengi dengan pengalaman langsung. Pengalaman kerja langsung didampingi dengan bidan akan sangat membantu. Apalagi jika bidan juga memiliki pengalaman menggunakan teknologi sistem informasi klinik seperti software klinik baik di klinik maupun tempat praktek pribadinya.

Untuk membantu staff, dokter/bidan, perawat dan pemilik bisnis Klinik, Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS yang dapat Anda coba secara gratis selama 14 hari di link ini. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id.

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi

Menyelesaikan Program Kebidanan

Program Pascasarjana Kebidanan akan lebih membuat Anda lebih mantap untuk menjadi seorang bidan. Karena banyak ilmu yang Anda dapatkan dan Anda tentunya sudah menemui banyak orang yang berpengalaman.