Pelayanan prima adalah kekuatan terbaik sebuah klinik, karena hal inilah yang menjadi acuan dalam persaingan antar klinik. Untuk mencapai pelayanan yang prima pengelolaan klinik menjadi faktor penting untuk meningkatkan pelayanan. Inilah yang terjadi saat saat klinik tidak terkelola dengan baik.

Pelayanan lambat

Jika klinik tak terkelola dengan baik tentu pemrosesan informasi akan memakan banyak waktu. Ini akan berimbas pada antrian pasien yang menunggu untuk konsultasi. Pemrosesan manual yang memakan waktu lama akan membatasi jumlah pasien yang dapat dilayani.

Rekam medis hilang/rusak

Kesalahan pengelolaan informasi penting seperti rekam medis yang paling memalukan adalah yang disebabkan oleh human error. Apabila rekam medis hilang atau rusak karena bencana tentu hal itu masih bisa dimaafkan, namun meskipun begitu klinik wajib mesinkronkan rekam medis pasiennya karena informasi tersebut harus dapat dipertanggung jawabkan secara hukum.

Duplikasi data

Saat klinik tidak terkelola dengan baik, tentu mereka tidak bisa membedakan mana pasien lama dan mana pasien baru, terlebih jika pasien tidak membawa/memiliki Kartu Identitas Berobat (KIB). Petugas klinik akan mencatatnya sebagai pasien baru dan pada akhirnya terjadi ketidaksambungan informasi medis yang jika tidak diatasi secepatnya, akan menyebabkan salah diagnosa penyakit.

Stock obat tidak terawasi

Banyak hal buruk yang akan terjadi jika stock obat tidak terkendali. Diantaranya :

  1. Jumlah obat tidak sesuai dengan yang tercatat di pendataan, jadi Anda pasti akan mencurigai  staff klinik.
  2. Stock obat susah ditemukan, jadinnya pasien harus pergi ke apotik untuk memenuhi resep. Satu pintu rezeki tertutup untuk klinik Anda.
  3. Stock obat menumpuk yang pada akhirnya menjadi kadaluarsa.
  4. Tidak sinkron antara jumlah pemesanan stock dan jumlah stock yang masih ada. Jadi stock obat di klinik menjadi kelebihan atau kekurangan.
  5. Dan masih banyak lagi

Sulit mengendalikan SDM

Pelayanan prima tidak akan terlepas dari kinerja tenaga kesehatan seperti staff dokter, perawat juga apoteker dan admisi klinik. Jika klinik tidak terkelola dengan baik tentu semua tenaga akan kewalahan dalam mengurus klinik dan tidak semua kinerja terkendalian. Imbasnya pelayanan klinik terhadap pasien tidak memuaskan.

Mengelola klinik ternyata tidak gampang. Banyak komponen yang harus dimanfaatkan semaksimum mungkin agar dapat memberikan pelayanan prima bagi pasiennya. Memiliki sistem informasi akan sangat membantu dalam mengelola klinik, terutama dalam hal administrasi, pengolahan data pasien (EMR), stock obat, kasir, sampai dalam pembuatan laporan.

Semua fitur tersebut dapat Anda peroleh menggunakan Assist.id. Sistem informasi klinik Assist.id adalah sistem informasi klinik yang user friendly, jadi Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya, karena memiliki desain yang simple. Banyak keuntungan lainnya yang dapat Anda peroleh dengan Assist, pelajari disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi