Dalam dunia kesehatan, rekam medis menjadi landasan utama bagi dokter untuk membuat keputusan yang tepat dan memberikan perawatan yang optimal. Namun, tantangan muncul ketika rekam medis hanya tersimpan dalam format cetak dan kurang dioptimalkan, terutama ketika pasien mendapatkan perawatan di berbagai fasilitas kesehatan.

Pemerintah Indonesia telah merespons permasalahan ini dengan menggulirkan inisiatif untuk menciptakan integrasi data rekam medis. Setiap fasilitas kesehatan diwajibkan untuk beralih ke rekam medis elektronik sebelum akhir tahun 2023. Ini termasuk rumah sakit yang masih menggunakan rekam medis cetak.

Dalam implementasinya, rumah sakit memiliki beberapa opsi, mulai dari menggunakan aplikasi rekam medis yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan, hingga aplikasi buatan internal rumah sakit atau yang dikembangkan oleh Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang telah mendapat lisensi resmi.

Standar Kompatibilitas dan Interoperabilitas

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2022 mengamanatkan bahwa sistem elektronik yang digunakan dalam rekam medis elektronik harus memiliki kompatibilitas dan interoperabilitas. Kompatibilitas mengacu pada kemampuan sistem untuk berintegrasi dengan sistem lain, sedangkan interoperabilitas memastikan sistem berbeda dapat berkomunikasi dan bertukar data.

Pentingnya standar ini sangat jelas ketika kita melihat platform SATUSEHAT yang dicanangkan pemerintah. Aplikasi rekam medis rumah sakit harus memenuhi standar ini agar dapat terhubung ke platform ini dan berpartisipasi dalam pertukaran data yang terintegrasi.

Aplikasi Assist.id Solusi untuk Rumah Sakit Anda

Sebagai respons terhadap kebutuhan akan rekam medis yang kompatibel dan interoperabel, hadirlah aplikasi Assist.id. Sistem rekam medis elektronik ini dirancang untuk mendukung penyimpanan dan manajemen arsip rekam medis dengan pendekatan digital.

Fitur pencarian yang canggih memastikan staf rumah sakit dapat dengan mudah menemukan informasi yang dibutuhkan tanpa harus melalui ribuan dokumen. Assist.id memberikan solusi praktis untuk memastikan aplikasi rekam medis Anda memenuhi standar yang diharapkan.

Dalam menghadapi tenggat waktu penerapan rekam medis elektronik, penting bagi rumah sakit untuk memilih aplikasi yang tidak hanya memenuhi kebutuhan internal mereka tetapi juga memenuhi standar kompatibilitas dan interoperabilitas yang ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga: Apakah Bedanya antara Rekam Medis Manual dan Elektronik?

Assist.id tidak hanya memenuhi standar tersebut, tetapi juga memberikan solusi efektif untuk meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas data rekam medis. Hubungi tim marketing Assist.id sekarang untuk menjadikan integrasi data rekam medis di rumah sakit Anda menjadi kenyataan!

Baca Juga: Kelola Klinik Lebih Mudah Pakai Assist.id
Atur jadwal demo di klinik Anda sekarang

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#IntegrasiSATUSEHAT #IntegrasiRekamMedis #PMK24 #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #simkliniksatusehat #BanggapakaiEMR #GrowWithAssist #PlatformSATUSEHAT #LebihMudahPakasAssistid

Subscribe newsletter kami untuk informasi terbaru seputar teknologi manajemen kesehatan atau follow instagram Kami di @assistid !