Pada tanggal 26 Juli 2022 Kementrian Kesehatan Indonesia melakukan terobosan baru dengan resmi meluncurkan satu platform Indonesia Health Service (IHS) yang diberi nama SATU SEHAT yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat untuk beralih ke sistem informasi kesehatan yang kuat, tangguh, dan terintegrasi.

SATU SEHAT Kemenkes

SATU SEHAT adalah platform integrasi dan stardarisasi layanan data kesehatan di Indonesia berupa rekam medis pasien, konektivitas data, analisis, dan layanan untuk mendukung integrasi antar aplikasi dan fasilitas pelayanan kesehatan.

Platform ini diharapkan mendukung implementasi lima pilar transformasi sistem kesehatan lainnya, seperti transfromasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, dan transformasi SDM kesehatan.

Platform SATU SEHAT dikembangkan oleh Kementrian Kesehatan dengan mengadopsi model infrastruktur Platform-as-a-service (PAAS) yang menghubungkan seluruh pelaku industri kesehatan untuk menciptakan satu data kesehatan nasional yang dapat diandalkan.

Nantinya SATU SEHAT akan menjadi penghubung antar platform aplikasi yang beragam pada berbagai pelaku industri kesehatan. Semua aplikasi maupun fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, posyandu, laboratorium, klinik hingga apotek wajib memenuhi standar ini seperti yang telah ditetapkan Kementrian Kesehatan.

Mulai dari aspek teknologi, regulasi, keamanan sistem dan privasi hingga hal-hal pendukung lainnya. Hal ini dilakukan untuk menjamin keberlangsungan sistem hingga perlindungan data pribadi masyarakat sebagai pengguna.

Manfaat SATU SEHAT Kemenkes

Melalui platform ini adanya pertukaran data kesehatan nasional akan lebih efisien, efektif, menguntungkan antara fasyanskes dan pasien.

SATU SEHAT untuk Masyarakat

Melalui platform ini pasien tidak perlu berulang-ulang mengisi formulir baru saat berpindah fasyanskes. Pasien bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi kesehatannya secara transparan. Data Rekam Medis telah terekam secara digital dengan aman melalui persetujuan pemilik data. Terakhir, platform SATU SEHAT bisa terintegrasi dengan PeduliLindungi lalu bisa diakses melalui ponsel, dimana pun dan kapan pun.

SATU SEHAT untuk Klinik

Melalui platform ini tenaga kesehatan tak perlu input data pasien berulang pada aplikasi yang berbeda, cukup mengisi di satu aplikasi maka akan otomatis terhubung dengan aplikasi kesehatan lainnya.

Proses Integrasi SATU SEHAT

Proses integrasi data ke platform SATU SEHAT akan dilakukan melalui beberapa fase dengan target melengkapi data yang termasuk ke dalam standar resume medis ke IHS.

Fase pertama, data pendaftaran pasien dan diagnosa. Fase kedua adalah data prosedur medis, data kondisi vital, dan data diet. Fase ketiga, data obat yang terintegrasi dengan kamus obat (KFA). Fase keempat, data observasi laboratorium dan data observasi radiologi. Kemudian, fase kelima data alergi dan data kondisi fisik.

Sistem Klinik SATU SEHAT Kemenkes

Assist.id selalu berkomitmen untuk mempertahankan kualitas sistem selalu up to date mengikuti perkembangan dan taat aturan pemerintah seperti integrasi dengan Platform IHS (Indonesia Health Service) SATU SEHAT.

Dengan Anda beralih ke digital semua permasalahan manajemen dan office di klinik bisa lebih cepat teratasi dan Anda pun bisa fokus pada pelayanan kesehatan untuk pasien. Salah satu platform digital yang bisa Anda pakai untuk klinik yaitu Sistem Klinik Assist.id, kenapa sih harus pilih Assist.id?

  1. Sistem Klinik Assist.id berbasis cloud professional
  2. Sistem Klinik Assist.id bridging BPJS dan terintegrasi SATU SEHAT Kemenkes
  3. Rekam Medis Elektronik standar diagnosa ICD 10 sesuai aturan Permenkes
  4. Kelola data obat digital dengan elektronik resep
  5. Sistem cocok digunakan berbagai jenis faskes, salah satunya Sistem Klinik Gigi

Masih banyak lagi keunggulan dari Sistem Klinik Assist.id yang bisa membantu kelola klinik Anda agar lebih berkembang dan menjadi klinik unggul.

Tertarik dengan Sistem Klinik Assist.id? Anda bisa konsultasi kebutuhan klinik secara Gratis! silahkan langsung chat melalui [Whats's App : 0821-1222-2500] dan laman kami di Assist.id


Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#SIMKlinik #SIMKlinikGratis #SistemKlinikBridgingBPJS #SistemKlinikGigi #SIMKlinikGigi #RekamMedisElektronik #ElectronikMedicalRecord #RekamMedisDigital #IntegrasiSATUSEHAT #SIMKlinikKemenkes #ManajemenKlinik #AkreditasiKlinik #BridgingBPJS #KlinikMCU #AntrianOnlineBPJS #KlinikPratama #IndonesiaHealthService