Setelah berbagai macam pengalaman dan riset, kita mengetahui bahwa rasa sakit adalah respon unik dari sebuah penyakit ataupun cedera. Bisa dipengaruhi oleh berbagai macam faktor dan tidak hanya dipengaruhi oleh "kerusakan" sel tissue. Banyak faktor tunggal yang akan mempengaruhi persepsi mengenai rasa sakit, mulai dari : kepercayaan, pikiran, level stress, dan kualitas dari istirahat.

Dokter, psikoterapis, dan penyedia layanan kesehatan cendrung menggunakan istilah ataupun penjelasan keren dalam menjelaskan kondisi seorang pasien. Sayangnya istilah-istilah ini malah mendekatkan pasien ke dampak negatif  dari pengobatan pasien dan hasilnya akan buruk.

Istilah berdampak buruk yang sering digunakan adalah : penggeseran tulang, rotasi panggul, knot, ketidakstabilan, degenerasi sendi, stabilitas inti yang buruk serta postur tubuh tidak seimbang. Inilah yang disebut Efek Nocebo.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pengertian Efek Placebo dan Nocebo.

Placebo adalah substansi/zat yang tidak mempengaruhi tubuh dalam bentuk apapun, digunakan sebagai perawatan pasien untuk membuat mereka percaya sehingga mereka memiliki harapan untuk sembuh dari penyakitnya.

Nocebo adalah efek merugikan pada kesehatan yang dihasilkan oleh faktor psikologis atau psikomatic seperti ekspektasi negatif dari pengobatan ataupun prognosis.

Karena banyaknya prosedur CT dan MRI scan yang dilaksanakan untuk nyeri punggung bagian bawah, umumnya menunjukkan pembengkakan cincin sendi. Hal ini sering terlihat di hasil scan dan disalahkan sebagai penyebab rasa nyeri non-spesifik. Istilah medis yang sering digunakan ini sering menyebabkan orang-orang menghentikan pergerakan tulang belakang ataupun aktifitas tubuh berat, Mereka takut untuk memperburuk keadaan. Anda mungkin sering diberitahu untuk "jangan bungkuk" atau nasihat lainnya. Kita tahu bahwa semakin kita menua, perubahan terhadap punggung juga akan terjadi. Sama halnya kita memilki uban ataupun kerutan pada wajah.

Setelah diberikan perintah yang terkesan kejam, pasien harus ditenangkan dengan kata-kata positif. Pasien harus didorong untuk melakukan pergerakan normal dengan batasan tertentu. Ini akan memberikan pasien kendali atas rasa sakit dengan lebih sedikit rasa takut, stress, dan kecemasan terhadap cederanya. Keadaan mereka akan membaik saat mereka bisa mengatasi rasa takut mereka akan rasa sakit.

Jika Anda seorang praktisi / dokter- ingatlah untuk menggunakan istilah yang kuat; yang bernilai positif juga bernilai negatif. Ingatlah istilah Nocebo.

Dibawah ini adalah beberapa kalimat yang menggunakan bahasa positif dan negatif dalam menghadapi rasa nyeri punggung bawah non-spesifik.

1.Pesan yang akan menyakiti pasien dengan nyeri punggung bawah non-spesifik

Meningkatkan kepercayaan mengenai kerusakan struktural/disfungsi

-Anda menderita degenerasi/artritis/pembengkakan cincin/penyakit cincin/cincin bergeser

-Punggung Anda mengalami kerusakan

-Punggung Anda setara dengan punggung orang tua yang berumur sekitar 70 tahun

-Ia akan rusak dalam satu kali pemakaian lagi

Meningkatkan kepercayaan melalui fase akut

-Anda harus lebih hati-hati/jangan terlalu memaksakan diri

-Punggung Anda lemah

-Anda harus menghindari merungkuk/mengangkat beban berat

Meningkatkan pandangan negatif ke depan

-Punggung Anda akan bertambah usang seiring pertambahan umur

-Penyakit ini akan bersama Anda sepanjang umur Anda

-Saya tidak akan terkejut jika Anda berakhir menggunakan kursi roda

Rasa sakit menandakan bahaya

-Hentikanlah saat Anda merasakan rasa sakit

-Biarkan rasa sakit memandu pergerakan Anda

2.Pesan yang bisa menyembuhkan pasien dengan nyeri punggung

Meningkatkan pendekatan biopsikososial pada rasa nyeri

-Nyeri punggung bukan berarti punggung Anda rusak- tapi menjadi lebih sensitif.

-Punggung Anda bisa menjadi lebih sensitif oleh salah gerak dan postur yang buruk, otot tegang, kurang gerak, kurang tidur, kecemasan dan kurang mood.

-Kebanyakan nyeri punggung terhubung dengan keseleo ringan yang rasanya bisa sangat menyakitkan

-Cukup istirahat, olah raga, diet sehat, dan kurangi merokok akan sangat membantu menyehatkan punggung Anda.

-Otak berperan sebagai penguat-jika Anda terlalu mengkhawatirkan rasa nyeri, maka nyeri tersebut akan menjadi lebih sakit.

Meningkatkan pertahanan

-Punggung adalah struktur terkuat dari tubuh.

-Kerusakan permanen pada punggung sangat jarang terjadi

Mendorong untuk melakukan aktivitas dan pergerakan normal

-Pergerakan relaks akan mengurangi rasa nyeri

-Punggung Anda akan lebih kuat jika terus digerakkan

-Melindungi punggung dan menghindari pergerakan akan membuat Anda merasa lebih buruk

Memperlihatkan kekhawatiran mengenai hasil dan rasa sakit

-Perubahan pada hasil scan itu adalah normal, seperti munculnya uban seiring bertambahnya usia

-Rasa nyeri bukan berarti Anda merusakkan punggung, artinya punggung Anda menjadi sensitif

Jadi, setelah membaca artikel ini, wawasan Anda lebih terbuka mengenai mana saran yang cocok digunakan untuk mendukung kesembuhan pasien Anda. Peran Anda sangat penting dalam kesembuhan pasien dan pikiran mereka memegang peran yang besar dalam kesembuhan diri mereka sendiri.

Dan satu lagi hal yang perlu diingat, Anda tidak perlu khawatir dengan tugas penataan data yang ribet dan memakan waktu banyak seperti proses pengisian form pendaftaran klinik, pencarian data Rekam Medis Pasien, proses stock obat , dan lainnya karena sekarang telah ada software managemen klinik terpercaya Assist.id .

Manajemen klinik Anda dapat dipermudah tanpa ribet dengan sistem informasi Assist.id . Dengan sistem informasi profesional, praktik bisa mendapatkan Rekam Medis Elektronik (EMR) dengan odontogram interaktif, pendaftaran paperless, booking jadwal konsultasi online, kasir full integrasi EMR & Apotek, laporan dan pengaturan lengkap.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi

Referensi:

  • PAIN MANAGEMENT TODAY 2014; 1(1): 8-13
  • PETER O’SULLIVAN DipPhysio, PGradDipMTh, PhD, FACP
  • IVAN LIN BSc(Physio), MManipTher, PhD

Sumber