Brand Awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali sebuah merek, seperti nama, logo, dan slogan-slogan yang pernah digunakan brand dalam mempromosikan produk mereka. Sebagian besar klinik menggunakan palang merah sebagai logonya. Namun seiring perkembangan zaman, logo palang merah ini tidak lagi berwarna merah dan disesuaikan dengan tema klinik masing-masing. Strategi ini berjalan dengan baik karena pasien akan lebih mudah mengenali klinik dengan strategi ini.

Mengapa Brand Awareness penting?

Tidak hanya mengundang pasien untuk mampir ke klinik untuk pertama kalinya, Brand Awareness juga membuat pasien terus mempercayai Anda. Pasien cendrung akan lebih memilih klinik yang mudah mereka kenali, dan Logo Brand Anda adalah hal pertama yang akan muncul di benak pasien Anda. Jadi jawabannya adalah ya, Brand Awareness penting untuk klinik Anda.

Bagaimana cara mengukur Brand Awareness?

Ada berbagai cara untuk mengukur level Aweareness. Berikut caranya :

Survey

Cara yang sering digunakan dalam mengukur Awareness adalah menanyakannya langsung pada pelanggan. Dengan memilih beberapa pelanggan secara acak dan menganalisa tanggapan mereka mengenai Brand, Anda bisa menentukan apakah Logo Anda perlu dilakukan perbaikan atau tidak.

Lihat Analytic Website

Analytics dari Google bisa menunjukkan peningkatan atau penurunan website klinik Anda. Data yang bisa ditunjukkan berupa :

-Volume Traffic Website

-Jumlah share

-Jumlah likes

-Jumlah external link

-Komen

-Jumlah Pengunjung website

Social Media

Tidak hanya untuk promosi, analytic pada sosial media bisa juga digunakan untuk mengukur Brand Awarenes klinik Anda. Jumlah follower, respon/retweet/repost dari audience adalah data yang bisa dianalisa.

Jangan lupa untuk menggunakan Assist.id untuk manejemen data Fasilitas Kesehatan Anda. Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi