Peran dokter sangat penting dalam menemukan penyakit pasien sampai tahap menyembuhkannya, dan komunikasi antara dokter dan pasien menjadi kunci dalam menemukan apa yang terjadi pada pasien tersebut. Bagaimana cara efektif dalam berkomunikasi dengan pasien sebelum pengobatan? Berikut pembahasannya :

1.Memberikan pengertian bahwa setiap jawaban atas pertanyaan dokter akan membantu proses diagnosa

Pasien biasaya akan merasa bingung atas apa yang terjadi pada diri mereka, dan cendrung akan menutupi hal tersebut. Hal ini malah akan memperburuk keadaan karena dokter bisa-bisa tidak bisa mendiagnosa pasien dengan tepat karena kurangnya informasi yang diberikan oleh pasien. Dalam hal ini dokter dan tenaga medis lainnya harus bisa meyakinkan pasien bahwa informasi yang diberikan pasien tidak akan disalah gunakan dan informasi tersebut ditujukan untuk membantu pasien dalam menyembuhkan dirinya.

2.Memberikan informasi kepada pasien

Pasien memiliki hak untuk menentukan jenis pengobatan mana yang akan mereka jalani. Dokter dan tenaga medis lainnya wajib memberikan informasi mengenai pilihan prosedur pengobatan yang memungkinkan untuk pasien jalani.

3.Menggunakan bahasa yang sederhana

Tidak semua pasien mengerti dengan kosakata medis, jadi penggunaan kosakata sebaiknya disesuaikan dengan wawasan pasien.

4.Tidak menutupi informasi

Tenaga medis tidak diperkenankan untuk menutupi informasi penting yang dibutuhkan pasien. Pasien akan merasa terkhianati jika mereka tidak menerima informasi mengenai apa yang terjadi pada dirinya atau keluarganya, terlebih jika infromasi tersebut terbongkar saat semuanya menjadi parah.

Jangan lupa untuk menggunakan Assist.id untuk manejemen data Fasilitas Kesehatan Anda. Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi