Bagaimana cara komunikasi efektif antara dokter dan pasien selama proses pengobatan yang dapat dilakukan? Berikut pembahasannya :

1.Dialog lembut dan menyenangkan

Pasien yang sedang menjalani prosedur penyembuhan berkemungkinan besar merasa grogi atau cemas yang berpengaruh pada mental dan fisiknya. Dokter dan tenaga medis diharapkan mampu untuk membantu mengendalikan rasa cemas dan grogi pasien tersebut untuk mendukung mereka dalam proses penyembuhannya.

2.Menjelaskan kondisi kesehatan secara utuh

Pasien memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mengenai kondisi mereka, terutama untuk mengtehaui perbandingan antara sebelum dan setelah menjalani prosedur pegobatan. Dokter diharapkan dapat menjelaskan informasi tersebut kepada pasien tanpa menutupi apapun secara utuh kepada pasien.

3.Lebih banyak menggambarkan tindakan medis yang perlu dijalankan dan proses pemantauan lanjutan

Dalam menjalani prosedur pengobatan pasien akan lebih merasa grogi dan takut terutama jika mengingat resiko ataupun efek samping dari prosedur pengobatan yang mereka jalani. Dokter dan tenaga medis diharapkan akan lebih bisa menenangkan mereka dengan mengambarkan apa dan manfaat dari prosedur yang pasien jalani. Dan terakhir dokter diharapkan memberikan informasi pemantauan dan perawatan lanjutan terhadap pasien pasca pengobatan.

Jangan lupa untuk menggunakan Assist.id untuk manejemen data Fasilitas Kesehatan Anda. Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi