Membuat surat rujukan kini lebih mudah dilakukan di sistem informasi Assist.id . Untuk melakukan rujuk pasien ke faskes lain berikut adalah langkahnya :
- Pasien sudah terdaftar pada sistem dan berstatus Engaged.
- Pada modul EMR (Electronic Medical Record) pasien, klik tombol +Tambah Diagnosa
- Pada Tambah Diagnosa klik Tambah Rujukan
- Lalu pada pilihan Rujukan pilih jenis rujukan yang pasien butuhkan.
- Rujukan Internal Dokter Sama, ditujukan untuk melakukan pendaftaran jadwal konsultasi pasien kepada dokter yang sama.
- Rujukan Internal Dokter Berbeda, ditujukan untuk melakukan pendaftaran jadwal konsultasi pasien kepada dokter yang berbeda yang masih berada pada fasilitas kesehatan yang sama.
- Rujukan External BPJS ditujukan untuk melakukan pendaftaran jadwal konsultasi pasien kepada fasilitas kesehatan luar yang ditanggung BPJS.
- Rujukan External ditujukan untuk melakukan pendaftaran jadwal konsultasi pasien kepada fasilitas kesehatan lainnya.
1. Pasien sudah terdaftar pada sistem dan berstatus Engaged
Selengkapnya cara mendaftarkan pasien :
- Cara mendaftarkan pasien rawat jalan umum
- Cara mendaftarkan pasien rawat jalan BPJS
- Cara mendaftarkan pasien BPJS menggunakan barcode scanner
- Cara mendaftarkan pasien rawat jalan rujukan
- Cara Mendaftarkan Pasien Melalui Modul Registrasi
2. Pada modul EMR (Electronic Medical Record) pasien, klik tombol +Tambah Diagnosa
3. Pada Tambah Diagnosa klik Tambah Rujukan
4. Lalu pada pilihan rujukan pilih jenis rujukan yang pasien butuhkan.
5. Rujukan Internal Dokter Sama
Untuk membuat jadwal konsultasi dengan dokter yang sama, klik pada Rujukan Internal (Dokter Sama)
Selanjutnya lengkapi data pertemuan konsultasi pasien untuk pertemuan selanjutnya sesuai kebutuhan.
Jangan lupa, data yang wajib untuk diisi adalah yang betanda bintang merah. Jangan lupa klik Simpan setelah mengisi semua data yang diperlukan.
Periksa langkah terakhir untuk melihat proses print contoh surat rujukan.
6. Rujukan Internal Dokter Berbeda
Untuk membuat jadwal konsultasi dengan dokter yang berbeda namun tetap berada pada fasilitas kesehatan yang sama, klik pada Rujukan Internal (Dokter Berbeda)
Selanjutnya lengkapi data pertemuan konsultasi pasien untuk pertemuan selanjutnya sesuai kebutuhan. Jangan lupan, data yang wajib untuk diisi adalah yang betanda bintang merah.
Perbedaannya dengan Rujukan Internal Dokter Sama, di sini Anda wajib untuk memilih tenaga medis yang berbeda untuk rujukan pasien.
Jangan lupa klik simpan setelah mengisi semua data yang diperlukan.
Periksa langkah terakhir untuk melihat proses print contoh surat rujukan.
7. Rujukan External BPJS
Untuk Rujukan External BPJS Anda wajib untuk menghubungkan sistem Assist.id untuk fasilitas kesehatan Anda dengan sistem yang disediakan oleh pihak BPJS terlebih dahulu.
Jika sudah terhubung banyak hal yang dapat Anda lakukan, seperti fitur Rujukan External ini, pencarian data pasien cepat menggunakan nomor BPJS, metode pembayaran pasien yang ditanggung BPJS dan Anda tidak perlu lagi salin data untuk kedua kalinya di sistem BPJS.
Periksa langkah terakhir untuk melihat proses print contoh surat rujukan.
8. Rujukan External
Untuk rujuk pasien ke Faskes lain klik pada Rujukan External.
Pada jendela Rujukan External, lengkapi keterangan pada form Rujukan External, lalu jika ada tanda (*) berarti wajib diisi dan tidak boleh kosong setelah semua data sesuai klik Simpan Rujukan.
Data rujukan sudah tersimpan pada Timeline EMR
Untuk print surat rujukan klik Print Surat Rujukan. Setelah format print sudah sesuai, klik Print.
Selamat, Anda telah berhasil melakukan Rujuk Pasien╰(///´꒳`///)╯
Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi [Whats's App : 0821-1222-2500]
Atau kunjungi laman kami di Assist.id
Cari tutorial Assist.id di Kotak di bawah ini
Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!