Dalam menangani masalah kesehatan pasien di klinik, tentu riwayat penyakit dan kunjungan sebelumnya dapat menjadi pertimbangan tersendiri bagi tenaga medis dalam menentukan tindakan pengobatan dan preventif selanjutnya.

Di dalam Assist.id, tenaga medis seperti dokter, bidan dan perawat dapat riwayat konsultasi pasien atau kunjungan sebelumnya dengan mudah. Untuk melihat riwayat tersebut terdapat 2 cara yaitu timeline view dan record view.

Table of Content

Pada Modul EMR, Anda bisa melihat riwayat berobat pasien berdasarkan Timeline dan Record dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya :

Pastikan Anda Mengakses Halaman Rekam Medis (EMR)

Klik Menu EMR. Tips: Tampilan menu mungkin berbeda-beda karena disesuaikan dengan hak akses yang diberikan.

Klik menu Rekam Medis (EMR)

Riwayat Pasien Berobat Menggunakan Timeline View

Tampilan Timeline View pada modul Rekam Medis sistem Asssist.id

Setelah berhasil mengakses modul rekam medis, Kemudian Klik Timeline dan pastikan status pasien adalah Engaged. Bergantung pada SOP atau alur operasional yang ada di klinik, perubahan status pasien dari Wating (Menunggu) menjadi Engaged (Sedang konsultasi) dapat diubah oleh :

  • Perawat / Bagian admisi melalui modul Pendataran Rawat Jalan Pasien.
  • Dokter melalui modul Rekam Medis (EMR).

Jika SOP perubahan status pasien klinik Anda ada di dokter, Maka pada menu ini Anda bisa mengubah status waiting menjadi engaged agar Dokter dapat melihat rekam medis. Ketika status pasien sudah engaged, rekam medis pasien akan terbuka. Dokter dapat melakukan review dengan mudah, melihat riwayat konsultasi dan resep yang telah dilakukan di klinik. Beberapa hal yang dapat dilakukan pada halaman rekam medis melalui timeline view adalah :

Tabel Riwayat Penyakit Pasien yang dapat dilihat oleh Dokter di halaman Rekam Medis Pasien.
  • (+) Tambah Diagnosa berfungsi untuk mengisi rekam medis pasien seperti gambar diatas bisa menambahkan catatan dokter, resep, prosedur dan sebagainya.
  • Print Rekam Medis berfungsi mencetak rekam medis pasien tersebut bisa filter tanggal berapa yang ingin dicetak.
  • Selain itu  bisa menambahkan Riwayat Penyakit yang dialami oleh pasien dengan mengklik tanda (+).

Riwayat Pasien Berobat Menggunakan Record View

Dalam keadaan status pasien engaged, selanjutnya Klik Record. fungsinya untuk rekam medis elektronik adalah setiap catatan, pernyataan, maupun interpretasi yang dibuat oleh dokter atau petugas kesehatan lain dalam rangka diagnosis dan penanganan pasien yang dimasukkan dan disimpan dalam bentuk penyimpanan

Sekian penjelasan cara melakukan Rujukan dari Klinik Anda ke Faskes lain pada sistem Klinik Assist.id. Semoga bisa membantu Klinik Anda dan dapat diimplementasikan dengan baik.

Cari tutorial Assist.id di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba! (▔▽▔)/