Hai Rekan Assist.id ! Salah satu cara untuk mengurangi celah dan resiko akan terjadinya kecurangan atau fraud di Faskes Anda adalah dengan Fitur Kunci Harga!

Dalam Sistem Assist.id terdapat fitur Kunci Harga yaitu untuk mengunci Harga pada Obat, BHP maupun Prosedur sehingga harga tersebut tidak dapat dirubah di Kasir.

Fitur ini bisa di aktifkan atau tidak sesuai dengan kebijakan masing-masing di fasilitas kesehatan. Fitur ini hanya bisa diaktifkan atau tidak oleh pengguna sistem yang memilik akses Mengunci Harga. Secara default terdapat 3 Hak Akses yang dapat mengunci harga, diantaranta:

  • Owner dapat mengunci Harga Obat, Tindakan dan Alat Kesehatan
  • Dokter dapat mengunci Harga Tindakan
  • Apoteker dapat mengunci Harga Obat dan Alat Kesehatan

Perbedaan Fitur Kunci Harga yang Aktif dan Tidak

Gambar dibawah ini merupakan contoh Harga yang terkunci dan tidak di Modul Kasir pada invoice pasien:

  • Pada Biaya Administrasi, Obat Paracetamol dan Puyer, terlihat kolom Harga tidak bisa dirubah (tertutup atau tidak bisa di-Klik) karena Fitur Kunci Harga telah diaktifkan
  • Sedangkan pada Konsultasi Umum, kolom Harga bisa dirubah (terbuka atau  bisa di-Klik) oleh Kasir karena Fitur Kunci Harga tidak diaktifkan

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Fitur Kunci Harga

Hanya akun yang memiliki Hak Akses mengunci harga seperti yang telah dijelaskan di atas yang bisa mengaktifkan atau menonaktifkan Fitur Kunci Harga ini. Terdapat 2 Cara untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Fitur Kunci Harga. Akan dicontohkan terhadap Harga Obat, Anda bisa melakukan dengan cara yang sama baik pada Harga lainnya. Ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Cara Pertama, saat membuat Data baru

1. Klik Modul Apotek, lalu Klik Obat dan Klik Tambah Data Obat

2. Isi Data Obat baru yang diperlukan dan Centang Kunci Harga untuk mengaktifkan Fitur Kunci Harga

3. Klik Simpan

Setelah berhasil mengaktifkan Fitur Kunci Harga, Anda akan melihat icon Gembok pada daftar Data Obat, seperti gambar dibawah ini.

  • Cara Kedua, dengan mengedit Data yang sudah ada

Pada cara ini, Anda dapat mengaktifkan Fitur Kunci Harga yang sebelumnya nonaktif dan sebaliknya menonaktifkan Fitur Kunci Harga yang sebelumnya sudah Aktif.

1. Klik Modul Apotek

2. Lalu Klik Obat

3. Lakukan pencarian Obat pada Kolom Pencarian

4. Klik Edit

4. Lalu Centang Kunci Harga untuk mengaktifkan atau hilangkan Centang untu menonaktifkan

5. Kemudian Klik Simpan


Sekian cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Fitur Kunci Harga. Semoga bisa diimplementasikan dengan baik.

Cari tutorial Assist.id di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba! (▔▽▔)/

Live Chat sistem Apotek Assist.id