Salah satu penyebab turunnya pendapatan klinik adalah dengan adanya pasien No-Show. Pasien No-Show adalah pasien yang tiba-tiba mengilang setelah melakukan perjanjian untuk konsultasi. Masalahnya akan lebih ringan jika pasien membatalkan konsultasi, jadi waktu perjanjian tersebut bisa dialihkan untuk pasien lainnya, namun untuk kasus pasien No-Show, klinik akan tetap menunggu dan banyak waktu yang terbuang.

Lakukanlah hal berikut untuk mengatasi masalah tersebut:

Lakukan peringatan Multi-Channel

Ingatkanlah pasien jika mereka memiliki jadwal konsultasi. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk hal tersebut seperti :

  1. SMS : pesan singkat telah menjadi cara terbaik untuk menjangkau pasien Anda, terlebih dengan tersedianya cara otomatis untuk mengirim banyak pesan sekaligus.
  2. WhatsApp : platform chat ini semakin banyaj diminati dengan fitur pengiriman gambar dan video serta jumlah pesan spam yang tergolong rendah. Munculnya Whatsapp menyebabkan SMS mulai ditinggalkan.
  3. Email : Email pasien bisa didapatkan sebagai persyaratan administrasi. Dan informasi penting mengenai perjanjian seperti tanggal dan waktu bisa disampaikan layaknya surat, hanya saja elektronik.
  4. Telepon : pengingat yang paling efektif namun paling sensitif karena pasien terpaksa terhenti dari aktifitasnya untuk menjawab telpon Anda. Sebaiknya Anda mencatat preferensi waktu masing-masing pasien untuk ditelpon.

Pengingat Multilapis

Lakukanlah pengingat agar pasien bisa menghadiri konsultasi yang telah dijanjikan dengan  :

  1. Mengabari pasien minimum 1 hingga 2 hari sebelum konsultasi. dan
  2. 2- 3 jam sebelum konsultasi dilaksankanan, untuk dapat memastikan kehadiran pasien di klinik tepat waktu.

Memiliki pengingat otomatis

Setelah melihat cara pengingat dirasanya sulit untuk membuat sistem pengingat secara manual bagi staff Anda. Jadi manfaatkanlah sistem otomatis yang akan membuat Anda dapat mengirim pengingat kepada pasien Anda.

Berikan pilihan kepada pasien

Tidak semua pasien memiliki waktu yang sama dengan jadwal klinik. Libatkanlah mereka dalam pejadwalan dengan pertanyaan terbuka seperti "Hari apa yang terbaik untuk Anda?" dibanding "Bagaimana jika Senin pagi jam 10?" Pasien Anda akan sangat terbantu saat mereka merasa bahwa klinik Andalah yang menyesuaikan dirinya untuk mereka dibanding sebaliknya.

Jadi untuk sistem peringatan dini, gunakanlah Assist.id.  Assist.id memiliki sistem untuk mengatur antrian konsultasi dan dengan otomatis mengingatkan pasien dan klinik jika salah satu pihak tidak bisa memenuhi janji. Banyak fitur lain yang tersedia, pelajari disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi