Halo Rekan Assist.id! Untuk mengelola persedian atau stok Obat dan Bahan Habis Pakai di Apotek sehingga Stok obat selalu tersedia dan terhindar dari penumpukan salah satu cara untuk mengelolanya adalah dengan Restock dan Return.

Fitur Restock dan Return ini untuk menjaga ketersediaan Obat dan Bahan Habis Pakai di Apotek agar tidak terjadi kekosongan maupun penumpukan pada Obat dan Barang yang akan habis dan akan kadaluarsa. Anda perlu melakukan Restock dan Return untuk menjaga ketersedian tersebut. Caranya sangat mudah, mari ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Klik Modul Apotek, lalu Klik Restock / Return

2. Klik +Restock dan Return Obat/Barang

3. Isi Data Restock / Return

  • Klik Mode Purchase Order apabila Restock tersebut merupakan Pesanan dimana barangnya akan datang kemudian sehingga degan mode ini stok di Apotek belum bertambah.
  • Isi Nama Supplier
  • Isi Nomor Faktur, Nama Penanggung Jawab, No. Hp Penanggung Jawab, Alamat dan Keterangan
  • Apabila Transaksi Purchase Order, isi Tempo Pembayaran dan Tanggal Pengiriman
  • Pilih Transaksi pada Obat atau Bahan Habis Pakai
  • Isi Nama Obat dengan mengetikan Nama Obat pada kolom pencarian
  • Kategori Obat akan terisi otomatis sesuai dengan kategori Obat yang ada
  • Pilih jenis Transaksi, Restock atau Return
  • Isi Jumlah Obat, Harga Beli Satuan Obat Baru, Harga Jual Satuan Obat Baru
  • Pilih Tanggal Kadaluarsa dan isi Nomor Batch apabila Transaksi ini bukan Mode Purchase Order. Mode Purchase Order memasukan Tanggal Kadaluarsa dan Nomor Batch saat barang tersebut telah datang di Apotek
  • Setelah selesai Klik Tambah Rincian (untuk setiap data Restock / Return yang Anda lakukan)
  • Kemudian isi Tanggal Jatuh Pembayaran
  • Centang Langsung Dibayar apabila transaksi ini langsung dibayar, atau tidak dicentang apabila akan dibayar nanti dan transaksi ini termasuk Hutang di Modul Kasir
  • Kemudian Klik Simpan Transaksi, apabila Transaksi ini merupakan Mode Purchase Order maka Stok di Apotek belum bertambah dan data Restock Purchase Order ini masuk pada Pesanan dan Stok Masuk yang selanjutnya disini Anda bisa Set Stok. Tetapi Apabila Transaksi ini bukan Mode Purchase Order maka Stok akan langsung bertambah di Apotek
Baca juga : Cara Melihat Data Purchase Order dan Melakukan Set Stok
  • Setelah itu akan muncul Berita Acara Serah Terima Barang atau Pemesanan Barang untuk selanjutnya bisa Anda cetak

Sekian cara membuat Data Transaksi Restock / Return Obat dan Barang di Apotek dengan mudah dan cepat dalam Sistem Klinik Assist.id. Semoga bisa diimlementasikan di Klinik Anda dengan baik.


Tertarik dengan Sistem Informasi Klinik Gigi Premium Pharma?
Silahkan langsung chat dengan kami [Whats's App : 0821-1222-2500]
Atau kunjungi laman kami di Assist.id

Cari tutorial Assist.id di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id