Kualitas pelayanan akan sangat berpengaruh pada klinik. Setiap pelanggan akan merasa sangat senang apabila pelayanan yang mereka terima memuaskan. Dengan meningkatkan pelayanan, pelanggan loyal dapat merekomendasikan klinik Anda sehingga Anda bisa mendapatkan pelanggan baru untuk klinik Anda. Namun untuk membuat pelayanan bagus tidaklah gampang. Jika ada satu saja pelanggan Anda yang kecewa maka dampaknya akan sangat besar. Jadi pelajarilah cara meningkatkan kualitas pelayanan klinik berikut :

Pelayanan cepat dan tanggap

Sebagian besar pasien ingin dilayani dengan cepat dan tanggap. Pelayanan yang sesuai dengan permintaan pasien dan dilaksanakan dengan cepat akan membuat mereka senang dengan pelayanan tersebut. Untuk antrian yang panjang, ciptakanlah sistem antrian yang rapi juga memiliki efisisensi waktu.

Miliki pelayanan customer service

Pasien yang menghubungi klinik Anda melalui telpon harus diprioritaskan karena mereka memiliki kebutuhan yang lebih tinggi terhadap klinik Anda. Namun Anda juga jangan mengkesampingkan pasien yang datang langsung ke klinik. Pelayanan customer service diantaranya adalah chat dari social media, SMS, serta panggilan langsung.

Dengar keluhan pelanggan

Pastikan Anda selalu memiliki ruang untuk berkembang. Mendengarkan keluhan pelanggan adalah salah satunya. Dengan mendengarkan keluhan pelanggan Anda dapat mengetahui kekurangan klinik Anda dan mencari cara dalam mengatasinya.

Menjaga kesabaran

Anda harus bisa membawa diri Anda dengan baik. Bersikap ramahlah kepada pelanggan yang mengeluh kepada Anda, jangan sampai Anda memperburuk keadaan. Niscaya kesepakatan akan terwujud jika salah satu pihak menerima pihak lainnya.

Menjaga kesopanan

Pasien Anda sangat membutuhkan pelayanan tanggap dari Anda, yang terkadang tidak mereka sadari mereka bersikap tidak terlalu baik kepada Anda. Tanggapilah sikap itu dengan kesopanan Anda. Ingat tujuan Anda adalah untuk membantu mereka, meskipun mereka kurang bersikap sopan terhadap Anda.

Mencari solusi yang tepat

Pelanggan komplain kepada Anda karena kurang puas terhadap pelayanan Anda. Cobalah untuk mendengarkan komplain mereka dan sama-sama mencari solusi keluhan mereka.

Mengakui kesalahan

Sesukses apapun klinik Anda pasti pernah mengalami kesalahan. Akuilah kesalahan tersebut, dan cobalah untuk memperbaikinya. Pelanggan akan lebih mengapresiasi Anda jika Anda mau mengakui kesalahan Anda.

Minta feedback dari pasien

Kebanyakan pasien jika menemukan ketidaksesuaian terhadap pelayanan biasanya lebih memilih untuk pergi dan tak kembali lagi ke klinik tersebut. Dan terkadang ketidaksesuaian tersebut merupakan hal yang biasa pada klinik itu, jadi sering-seringlah minta feedback dari pasien untuk bisa menyesuaikan pelayaman klinik dengan keinginan pasien.

Nah untuk meningkatkan kualitas pelayanan klinik dari segi operasional percayakanlah kepada Assist.id Anda ingin tahu bangaimana cara meningkatkan pelayanan dengan cepat dan mudah? Pelajarilah manfaat Assist.id disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi [Whats's App : 0821-1222-2500]
Atau kunjungi laman kami di Assist.id

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id