Cara Menggunakan Fitur Message Center

Pada update sistem klinik Assist.id versi 3.5.3 kali ini ada fitur baru yang keren banget yaitu fitur Message Center. Kenapa keren banget, karena fitur ini cuma sistem Klinik Assist.id yang punya dan juga fungsinya dari fitur ini bisa membuat pasien di Klinik Anda selalu update dengan informasi terkini yang ada di Klinik Anda. Dengan fitur ini Klinik dapat memberikan informasi-informasi penting kepada seluruh pasien melalui pesan singkat atau SMS, dengan begitu informasi penting dapat diterima dengan baik oleh pasien karena semua pasien pasti mempunyai fitur SMS pada perangkat teleponnya walaupun perangkat pasien tidak memiliki pulsa atau akses internet.

Dengan fitur ini Fasilitas Pelayanan Kesehatan Klinik dapat mengirimkan informasi seperti:

  1. Informasi Jadwal Operasional atau Praktek
  2. Informasi Pelayanan dan Fasilitas yang tersedia
  3. Informasi promo dan kegiatan
  4. Informasi lainnya kepada seluruh pasien maupun pasien tertentu, dll

Lebih jauhnya, pasien akan mudah untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang labih baik karena mereka mengetahui lebih banyak mengenai informasi-informasi penting yang ada di Klinik Anda. Dengan begitu akan meningkatkan loyatitas dan kepercayaan pasien terhadap Klinik Anda.

Nah, sekarang kita bahas bagaimana caranya untuk menggunakan fitur Message Center. Sangat mudah, mari ikuti langkah-langkah berikut ini!

Mengisi Kredit SMS

Untuk dapat mengirimkan pesan singkat atau SMS, Anda harus mempunyai "Kredit SMS" dengan melakukan pengisian Kredit SMS yang caranya sangat mudah seperti mengisi pulsa.

  1. Klik Modul "Message Center"
  1. Klik "+ Kredit SMS"
  1. Masukan "Jumlah Kredit SMS"

Untuk pembelian Kredit SMS  dibawah 1000 kredit  akan dikenakan biaya pembelian sebesar Rp. 500/sms. Namum apabila Anda melakukan pembelian lebih dari 1000 Kredit SMS, makan biayanya menjadi Rp. 450/sms.

  1. Klik "Lanjutkan Pembayaran"

Setelah itu akan muncul halaman Pembayaran, disini berisi informasi total yang harus dibayar dan ID Order.

  1. Pilih "Metode Pembayaran"

Terdapat banyak pilihan channel atau layanan pembayaran yang tersedia sehingga Anda bisa memilih metode pembayaran yang sesuai dengan pilihan Anda. Di setiap pilihan pembayaran sudah dilengkapi dengan intruksi pembayaran dari masing-masing pilihan pembayaran. Setelah memilih metode pembayaran Anda juga akan mendapatkan email detail pembelian dan intruksi pembayaran.

Contoh Pilihan Pembayaran dengan Bank Transfer
  1. Lakukan Pembayaran

Setiap metode pembayaran yang dipilih memiliki batas waktu untuk melakukan pembayaran, sebaiknya Anda segera melakukan pembayaran karena apabila melebihi batas waktu yang ditentukan Anda harus mengulangi pembelian Kredit SMS dari langkah pertama. Setelah Anda berhasil melakukan pembayaran, maka Kredit SMS akan langsung bertambah dan bisa Anda gunakan.

Membuat SMS

Setelah pembayaran berhasil, Anda akan mendapatkan email notifikasi bahwa pembayran telah diterima dan Kredit SMS telah bertambah. Selanjutnya Anda bisa mengirimkan informasi kepada pasien melalui SMS.

  1. Klik Modul "Message Center"
  1. Klik "Buat SMS"
  1. Klik "Atur Tujuan SMS"

Pada fitur ini Anda bisa mengirimkan SMS kepada seluruh pasien atau hanya kepada pasien tertentu dan juga dapat mengatur kategori pasien seperti jenis kelamin, umur, golongan darah dan lain-lain.

Berikut cara mengirim SMS kepada Semua Pasien:

  • Pilih Kondisi "Semua"
  • Isi Pesan yang akan dikirim

Anda juga bisa melakukan pengaturan Kondisi Pasien yang akan dikirim SMS, seperti Status, Umur, Golongan Darah, Agama, Pendidikan, Pekerjaan. Caranya :

  • Pilih Kondisi "Semua"
  • Klik "+Tambah Kondisi"
  • Pilih Kondisi Pasien sesuai kebutuhan
  • Isi Pesan yang akan dikirim
  1. Klik "Kirim", jika telah melakukan pengaturan kepada siapa dan isi pesan yang akan dikirim

Daftar SMS yang telah dikirim

Anda bisa melihat daftar SMS yang telah dikirmkan kepada pasien seperti dibawah ini.

Selamat, Anda telah berhasil Menggunakan Fitur Message Center pada Sistem Informasi Assist.id ╰(///´꒳`///)╯

Cari tutorial Assist.id di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba! (▔▽▔)/

Live Chat sistem klinik Assist.id