Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik, diselenggarakan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan (perawat dan atau bidan) dan dipimpin oleh seorang tenaga medis (dokter, dokter spesialis, dokter gigi atau dokter gigi spesialis). Jika Anda berencana untuk membangun bisnis klinik, yuk simak 5 ruangan klinik yang wajib ada di klinik Anda.

Contoh ruang tunggu klinik Pediatric di desain khusus untuk anak-anak.

1. Ruang Pendaftaran & Tunggu
Ruang ini adalah salah satu ruangan yang penting untuk pasien karena pasien akan banyak menghabiskan waktunya di ruang pendaftaran dan ruang tunggu. Efisiensi dan efektifitas klinik Anda di mulai dari manajemen data yang baik, sebaiknya Anda software aplikasi klinik untuk membantu pendaftaran pasien dengan mudah dan membuat klinik Anda terlihat di direktori klinik online. Selain itu, Anda dapat meningkatkan kualitas klinik dengan membuat ruang pendaftaran dan ruang tunggu ini lebih nyaman misalnya seperti menambahkan tv, kipas atau ac, tempat charger dll.

Baca juga : 7 Hal Kecil yang Dapat Menghidupkan Suasana Klinik Lebih Nyaman

2. Ruang Konsultasi Dokter
Ruang konsultasi ini diperlukan agar pasien dapat berkonsultasi dengan dokter dengan tenang. Ruang konsultasi tidak perlu terlalu luas, meskipun semakin luas dapat meningkatkan kenyamanan pasien pada saat konsultasi.

Untuk membantu staff, dokter, perawat, admisi dan pemilik bisnis Klinik, Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS yang dapat Anda coba secara gratis selama 14 hari di link ini. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id.

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi

3. Ruang Tindakan
Ruang tindakan adalah ruangan yang berfungsi untuk melayani pasien dengan tindakan medis yang berhubungan dengan tindakan kegawat daruratan. Sebaiknya ruangan ini selalu dijaga agar tetap rapi dan bersih.

4. Ruang Farmasi
Ruangan penyimanan obat idealnya terpisah dengan ruangan lainnya. Selain untuk menjaga jumlah stok obat, perlu ada pemantauan khusus tentang obat yang masuk dan obat yang keluar. Untuk pemantauan stok obat dengan data yang selalu terupdate dibutuhkan software aplikasi klinik yang fiturnya juga terhubung dengan software aplikasi apotek.

Menggunakan aplikasi apotek yang terintegrasi dapat meningkatkan efektifitas klinik.

5. Kamar mandi / WC
The last but not least adalah kamar mandi. Siapa yang tidak butuh kamar mandi? Kamar mandi klinik yang bersih tentunya akan menambah kualitas klinik di mata pasien.

Itulah 5 ruangan yang wajib ada di Klinik Anda versi Assist.id. Menurut Anda, ruangan apa lagi yang wajib ada di klinik ?