Kedokteran, Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, atau Farmasi adalah jurusan perkuliahan populer dan paling banyak diincar oleh siswa-siswi lulusan SMA di Indonesia. Namun tahukah Anda, bahwa masih banyak jurusan kesehatan lain yang tidak kalah penting yang bisa menjadi pilihan adik-adik kita untuk menjadi praktisi di dunia kesehatan. Berikut pembahasannya (Dikutip dari IDN Times) :

1.Jurusan Pengobat Tradisional

Sebagian besar masyarakat masih percaya pada pengobatan tradisional. Obat alami masih akan banyak dipilih karena sebagian masyarakat kurang cocok dan mendapatkan efek samping dari obat modern. Jika Anda tertarik untuk mempelajari pengobatan tradisional maka Jurusan Pengobat Tradisional bisa menjadi pilihan. Disini kita belajar bagaimana menyembuhkan berbagai penyakit menggunakan metode tradisional dan alami. Program ini ini fokus pada pengembangan pengobat komplementer yang komprehensif dalam bidang intervensi fisik dan herbal. Kita tidak hanya akan mempelajari tentang herbal atau jamu, tetapi banyak teknik pengobatan tradisional lain seperti pijat, akupuntur, gizi dan sebagainya.

2.Jurusan Fisioterapi

Jurusan Fisioterapi bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan untuk mempromosikan kesehatan yang optimal, seperti pemeliharaan, evaluasi, pemulihan fisik dan kinerja tubuh. Jurusan ini mempelajari fungsi gerak tubuh mulai dari cara gerak hingga bentuk otot, sendi serta tulang.

3.Jurusan Analis Medis

Program studi ini bergelut pada bidang ilmu kesehatan khususnya di bagian laboratorium. Ilmu yang dipelajari berupa Patologi klinik, Bakteriologi, Metodelogi Laboratorim Klinik, dan lain-lain. Jurusan ini lebih fokus pada studi pengelolaan laboratorium medis.

Perlu diingat bahwa Jurusan Analis Medis berbeda dengan Analis Kesehatan. Analis medis mempelajari hal-hal yang lebih spesifik seperti, pemeriksaan darah, urin, feses, pus, sputum dan pemeriksaan lainnya yang berkaitan erat dengan manusia. Sedangkan pada analis kesehatan sifatnya lebih meluas.

4.Jurusan Teknik Kesehatan Gigi

Di jurusan Teknik Kesehatan Gigi ini mahasiswa akan belajar bekerja  merestorasi atau memperbaiki gigi untuk mengembalikan fungsi gigi dan jaringan dalam mulut yang tujuan umumnya adalah memelihara atau mengembalikan kesehatan gigi dan mulut sebagai mana mestinya.

5.Jurusan Higiene Perusahaan, Kesehatan & Keselamatan Kerja

Jurusan Higiene Perusahaan, Kesehatan & Keselamatan Kerja yang biasanya disingkat jurusan Hiperkes atau juga Hiperkes dan KK, merupakan penggabungan dua disiplin ilmu yang berbeda, yaitu medis dan teknis yang jadi satu sehingga mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk menciptakan tenaga yang sehat dan produktif.

Higiene perusahaan adalah spesialisasi dalam hygiene beserta praktiknya yang dengan mengadakan penelitian  faktor – faktor penyebab penyakit kualitatif dan kuantitatif dalam lingkungan kerja dan perusahaan.

Sedangkan

Kesehatan Kerja adalah spesialisasi dalam ilmu kedokteran yang bertujuan agar tenaga kerja memperoleh derajat kesehatan yang setinggi – tingginya, baik fisik atau mental maupun sosial.

Nah inilah 5 jurusan kesehatan yang masih belum banyak dikenal orang.

Jangan lupa untuk menggunakan Assist.id untuk manejemen data Fasilitas Kesehatan Anda. Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi