Kucurangan adalah sesuatu yang sering terjadi pada suatu perusahaan namun sulit terdeteksi. Sayangnya kepedulian terhadap hal ini masih kurang terlihat. Tentu kita tak ingin membiarkan hal ini perlahan namun pasti menghancurkan usaha klinik yang sudah susah payah dibangun. Kenalilah jenis kecurangan berikut :

Kecurangan pegawai (Employee Fraud)

Sebagian besar pelaku kecurangan adalah pegawai terpercaya suatu pegawai klinik. Mereka lebih tau seluk beluk klinik serta peluang-peluang untuk menjlanakan kecurangan tersebut. Jenis kecurangan yang dapat dilakukan berupa : Kecurangan penggajian (Payroll Fraud) : pembagian gaji yang berlabihan adalah salah satu contohnya, Penggelapan dana (skimming scheme) : dana  yang digunakan untuk keperntingan pribadi. Kecurangan pembelian dan penjualan dalam pencatatan buku besar (sales & purchase ledger fraud) :penambahan dan pengurangan pendapatan serta pengeluaran adlah salah satu contohnya.

Kecurangan manajemen (Management Fraud)

Kecurangan ini berupa kecurangan laporan keuangan yang dillakukan pihak manajemen denha tujuan untuk menipu investor. Bentuk kecurangannya berupa pengelapan dana, manipulasi laporan, keuangan, praktik penyuapan dll.
Pelaku kecurangan ini biasanya memiliki kedudukan tinggi dalam perusahaan seperti

CEO (Chief Executive Officer), COO  (Chief Operating Officer ), atau
CFO (Chief Financial Officer)

Bahkan dalam beberapa kasus seperti kasus Lehman Brothers, sebuah perusahaan layanan finansial global yang mengalami kebangkrutan besar sepanjang sejarah Amerika, praktik kecurangan sering melibatkan pihak audit perusahaan, baik auditor internal maupun firma audit seperti Ernst & Young.

Kecurangan pihak ke tiga (Thrid Parties Fraud)

Pihak diluar perusahaan juga bisa melakukan kecruangan. Pihak luar yang dimaksudnka misalnya supplier yang melakukan false billing (kesalahan pembiayaan). False billing akan membuat Anda membayar tagihan-tagihan palseu dengan menyamar menjadi supplier dan membuka akun-akun palsu.Mereka akan meyakinkan Anda untuk mengirim uang yang harusnya diterima supplier Anda ke akun mereka.

Bijaksanalah dalam menjalain kerjasama dalam menjalankan klinik Anda. Kecuerangan dapat mengancam Anda dari dalam dan luar klinik Anda.

Banyak penyebab terjadinya hal ini, salah satunya adalah tidak menggunakan sisstem informasi klnik. Sistem Informasi klinik bertujuan untuk meminimalisir peluang kecurangan, terutama kesalahan pencatatan. Dengan menggunakan sistem Anda hanya perlu mengisi form-form digital yang dapat diupdate setiap saat dimana saja dan kapan saja setiap kali ada perubahan.

Dengan perubahan data yang stabil dan transparan tentu akan memperkecil kecurangan. Ada banyak hal baik lainnya yang dapat dilaksanakan dengan menggunakan Sistem Informasi klinik. Silahkan dicoba sendiri dengan menggunakan Assist.id disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi