Fasilitas Kesehatan Hemodialisa adalah Klinik/RS/Fasilitas Kesehatan lainnya yang mengediakan pelayanan Hemodialisa atau Cuci Darah bagi penderita gangguan ginjal. Karena sifat pengobatannya yang berkala, maka pasien harus memiliki catatan history pengobatan yang isinya mengenai pemberian obat-obatan, kecepatan aliran darah, dan selebihnya lengkap dengan jadwal khusus tiap individu pasien dalam melaksanakan Terapi Hemodialisis.

Pencatatan jadwal terapi yang masih dilakukan secara manual terkadang mempersulit pihak klinik dan pasien, karena sulit untuk mencari data pasien dan memastikan jadwal kedatangan pasien karena sering kali pasien datang tidak sesuai dengan jadwal. Tidak hanya itu, data pasien juga rentan terjadi kesalahan karena pencarian jadwal masih dilakukan dengan kertas dengan data berupa tabel.

Berikut adalah kesulitan Fasilitas Kesehatan apabila penyimpanan data operasional terapi Hemodialisa / Cuci Darah masih dilaksanakan secara manual :

Ribet Mencari History Cuci Darah Pasien

Pencatatan yang masih dilaksanakan secara manual akan mempersulit pihak faskes dalam menyimpan rekap data pasien. Tidak hanya jadwal cuci darah yang harus ditinjau secara seksama, rekam medis pasien seperti obat-obatan apa yang telah diberikan, alergi pasien terhadap suatu zat tertentu, kecepatan aliran darah pasien dan data lainnya juga harus bisa cepat dicari dan diakses oleh pihak medis dengan mudah.

Pencatatan Data yang masih Manual Menggunakan Kertas Kurang Efektif ,Memiliki Tampilan yang Ribet, serta Meningkatkan Resiko Terjadinya Kesalahan

Faskes yang masih menggunakan kertas dalam menyimpan data pasien tentu tahu betul sulitnya menyusun dan mengelola pendataan faskes, terlebih faskes yang menyediakan pelayanan Hemodialisis / Cuci Darah.

Jumlah terapi yang semakin lama semakin bertambah memerlukan ruang lebih untuk melakukan rekap data rekam medis pasien. Belum lagi jika ada keterangan tambahan seperti jenis obat-obatan mana yang telah pasien konsumsi, data vital pasien seperti kecepatan aliran darah, dan informasi penting untuk analisa keadaan pasien lainnya.

Jumlah data yang banyak jika tidak diimbangi dengan tampilan susunan data yang mudah dimengerti dan tersusun rapi akan menaikkan resiko kesalahan, dan tidak ada yang menginginkan hal ini untuk terjadi. Oleh karena itu, solusi mudah untuk mengakses semua data-data tersebut sangat dibutuhkan secepatnya untuk fasilitas kesehatan penyedia layanan terapi Hemodialisis / Cuci Darah.

Resiko Tinggi yang Dialami Pasien jika Terlambat Melaksanakan Cuci Darah

Bagi seorang penderita yang terlambat melakukan pencucian darah / Hemodialisis berikut adalah dampak yang akan dirasakan :

  • Terjadi penumpukan cairan pada tubuh seperti pada bagian tangan dan kaki, juga mengalami sesak napas.
  • Menurunkan fungsi ginjal, ataupun jika sudah sangat terlambat, fungsi ginjal bisa terhenti sepenuhnya.
  • Penumpukan racun pada tubuh.

Bagi penderita fungsi ginjal yang memerlukan Terapi Hemodialisis secara berkala tetap jaga pola makan dan gaya hidup serta jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan ginjal agar fungsi ginjal bisa berjalan secara optimal.

Pihak Faskes bisa membantu pasien untuk mengingatkan bahwa jadwal melaksanakan Terapi Cuci Darah / Hemodialisis mereka sudah dekat, ataupun salam sapa untuk tetap menjaga hubungan baik antara Faskes dan pasien.

Untuk melaksanakan hal ini, alangkah baiknya jika fasilitas kesehatan menggunakan software khusus untuk monitor pasien yang sedang menjalankan Terapi Hemodialisis dengan Hemoda.

Hemoda adalah Sistem Klinik Hemodialisis dirancang khusus untuk operasional dan laporan klinik otomatis, lengkap dengan end-to-end mulai dari pendaftaran, pencatatan rekam medis (EMR), data stok obat, kasir klinik dan seluruh laporan klinik.

Melihat Okupansi Mesin dan Scheduling Pasien jadi Lebih Mudah dan Cepat, disertai format laporan dan surat menyurat lengkap.

Fitur unggulan Hemoda berupa :

  • Mudah Melihat Status Okupansi Mesin di Klinik dan Total Penggunaan Mesin
  • Melihat Jumlah Kunjungan Cuci Darah Pasien
  • Melihat Jumlah Reuse Pasien
  • Pencatatan Lembar Observasi Pasien
  • Cetak Surat Traveling Pasien
  • Cetak Surat Tindakan Hemodialisa
  • Cetak Surat Informed Consent
  • Lihat fitur lengkap Hemoda lainnya disini

Untuk mempermudah rekap jadwal terapi Hemodialisis pada pasien dengan mudah dan efisien, kami sarankan untuk menggunakan Sistem Informasi Hemoda dari Assist.id

Fitur-Klinik-Sistem-Lengkap-Rekam-Medis-Pasien-Dokter-Assist-id-1

Sistem Klinik Hemodialisis merupakan Solusi terlengkap untuk operasional dan laporan klinik otomatis yang membantu Anda untuk lebih mudah mengelola dan mengembangkan bisnis klinik Anda. Lingkup fitur end-to-end mulai dari pendaftaran, pencatatan rekam medis (EMR), data stok obat, kasir klinik dan seluruh laporan klinik.

Menggunakan Hemoda sangat mudah, cukup 3 langkah :

mudah-menggunakan-hemoda-sistem-informasi-hemodialisis-by-Assist.id-2

Ayo, request demonya hari ini juga!
Kelola Klinik Lebih Mudah Pakai Assist.id

Monitor-Klinik-Hemodialisis-mudah-menggunakan-Hemoda-sistem-informasi-by-Assist.id-5