Halo Rekan Assist.id! Pernahkah Anda mengalami Invoice tidak muncul di Modul Kasir setelah Tenaga Medis selesai menangani Pasien di Modul EMR? Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan Invoice tidak muncul di Kasir.

Invoice adalah tagihan atau biaya yang harus dibayar oleh pasien atas pelayanan kesehatan yang dilakukan. Tagihan tersebut bisa berupa:

  • Biaya Konsultasi
  • Biaya Order Obat atau Bahan Habis Pakai
  • Biaya Tindakan atau Prosedur
  • Biaya Administrasi, dll

Secara umum, alur pelayanan Pasien hingga keluar invoice di Kasir adalah sebagai berikut:

  1. Admisi akan melakukan Pendaftaran Pasien pada Modul Regustrasi atau Rawat Jalan
  2. Kemudian Dokter atau Tenaga Medis memberikan Pelayanan Kesehatan
  3. Pada Modul EMR Dokter bisa menambah Diagnosa, Riwayat Medis, Catatan Medis, Order Obat, Tambah Tindakan dan lain-lain
  4. Setelah selesai, Invoice pasien akan muncul di Modul Kasir

Lalu bagaimana apabila tidak keluar Invoice di Kasir setelah Pasien ditangani?

Yang menyebabkan Invoice tidak muncul di Kasir adalah ketika di Modul EMR tidak melakukan penambahan order yang berhubungan dengan biaya, seperti:

  • Tambah Prosedur / Tindakan
  • Tambah Resep Obat atau Bahan Habis Pakai
  • Tambah Order Lab

Sehingga, dikarenakan tidak penambahan biaya yang harus dibayarkan oleh pasien atas pelayanan kesehatan, maka Invoice tidak muncul di Kasir.

Berikut ini adalah contoh apabila pada Modul EMR hanya menambahkan Catatan, tidak ada penambahan Tindakan atau Resep dll.

Seperti contoh diatas, pada Modul EMR hanya menambahkan Catatan Vital Sign yang tidak berhubungan dengan biaya yang menyebabkan tidak keluar Invoice di Kasir setelah status pasien menjadi Done.

Apa yang harus dilakukan agar Invoice muncul di Kasir?

Supaya Invoice dapat muncul di Kasir, Anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Tambah Prosedur / Tindakan misalnya seperti Biaya Konsultasi, Cabut Gigi dan lain-lain sesuai dengan Prosedur yang tersedia di Klinik
  2. Tambah Resep Obat atau Bahan Habis Pakai
  3. Tambah Order seperti Cek Lab atau Ronsen

Sekian penjelasan Mengapa Invoice tidak muncul di Kasir. Semoga bisa membantu Klinik Anda dan dapat diimplementasikan dengan baik.

Cari tutorial Assist.id di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba! (▔▽▔)/

Live Chat sistem Apotek Assist.id