Dalam memulai bisnis terlebih bisnis klinik, pembukuan merupakan salah satu hal penting yang wajib dilakukan. Namun bagi pemula, masalah keuangan bisa jadi masalah sensitif untuk dibahas dan ingin diatasi secara pribadi. Hal ini bisa dilaksanakan jika klinik masih dalam skala kecil. Jika klinik telah berkembang pesat?? Anda bisa saja kewalahan. Berikut adalah hal yang wajib Anda hindari :

Menyelesaikan semuanya sendiri

Untuk bisnis dalam skala kecil menyelesaikan semuanya sendiri masih bisa dilaksanakan. Anda mungkin menilai bahwa menyewa seorang akuntan ataupun membeli software malah akan memperbesar pengeluaran. Anda harus ingat, bahwa saat klinik Anda berkembang pesat, arus kas Anda tentu akan menjadi banyak dan Anda tidak akan mampu mengurus semuanya sendiri. Hal ini akan menyita banyak waktu dan tenaha yang pastinya hanya akan menimbulkan kesalahan dalam pembukuan

Hanya melihat keuntungan jangka pendek

Perlu diingat bahwa bisnis klinik merupakan bisnis jangka panjang. Anda tidak bisa mengasumsi bahwa pasien yang datang ke klinik Anda hari ini akan datang lagi esok harinya. Anda harus bisa mengidentifikasi potensial resiko bisnis yang akan muncul di masa mendatang. Pertumbuhan bisnis di ranah klinik juga wajib Anda perhatikan untuk 10 tahun ke depan.

Mempercayakan keuangan pada orang yang salah

Kebanyakan pemilik klinik pemula mempercayakan pembukuan kepada orang yang tidak cocok. Banyak dari mereka meminta anggota keluarganya yang belum tentu paham atas tugasnya dalam melakukan pembukuan untuk meminimalisir biaya yang dikeluarkan. Apabila mereka bisa menjalankan tugasnya dengan baik maka hal itu tidak masalah, namun jika tidak, klinik Anda bisa mengalami kebangkrutan.

Mencampur akun pribadi dan akun perusahaan

Pengeluaran perusahaan dan pengeluaran pribadi harusnya dipisahkan. Anda bisa salah kaprah dalam menghitung anggaran klinik. Bisa jadi kebutuhan klinik Anda lebih besar dari yang Anda perkirakan karena tidak sengaja tercampur dengan akun pribadi Anda.

Tidak menyimpan bukti pembayaran

Setiap transaksi, seperti transaksi pembelian stock klnik, ataupun biaya konsultasi pasien harusnya disimpan sebagai bukti arus kas. Anda akan bisa menyusun pembukuan keuangan klinik Anda dengan bukti pembayaran yang ada, jika Anda tidak menyimpan buktinya, bagaimana Anda akan menyusun pembukuan keuangan ?

Anda bisa memulai klink dengan cermat dengan menghindari kesalahan diatas serta menggunakan fitur Kasir Assist.id untuk klinik Anda. Banyak juga fitur bermanfaat lainnya dari Assist.id. Anda ingin tahu apa saja ? Pelajari di sini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi