Bisnis klinik kecantikan bisa jadi merupakan bisnis klinik yang sering diminati pada zaman sekarang ini. Permintaan dan jenis perawatan tubuh yang berkembang menjadi salah satu penyebabnya. Anda berminat untuk memulai bisnis klinik ? Simak langkah berikut :

Perencanaan:

Perencanaan awal adalah langkah yang tidak boleh dilewati tiap kali akan mengerjakan suatu hal. Hal yang perlu Anda rencanakan sebaiknya dicatat agar Anda tidak melupakan detail penting.

Jenis perencanaannya adalah :

-Nama klinik  : Anda bisa meminta nasehat teman dan keluarga Anda untuk hal ini

-Tempat praktik : untuk klinik kecantikan skala kecil Anda mungkin bisa mengubah salah satu ruangan Anda untuk dijadikan tempat praktik, atau jika Anda menginginkan kesan yang lebih profesional Anda bisa menyewa suatu gedung yang memiliki tempat strategis dan mudah ditemukan.

Anda harus menentukan :

Jenis pelayanan yang ditawarkan

Ada banyak perawatan kecantikan. Mulai dari
-perawatan wajah
-perwatan tubuh
-peeling
-doctor's treatment
-botox
-thread lift
-filler
-PRP,
-derma roller
-dll

Target

Apakah target klien Anda khusus wanita / khusus pria, atau bisa keduanaya. Apakah Anda akan memisahkan ruang perawatannya atau tidak.

Jumlah staff

Apakah Anda bisa memberikan pelayanan langsung pada klien, atau Anda juga bisa mempekerjakan terapis pekerjaan lainnya untuk klinik Anda. Tidak hanya staff yang melayani langsung proses perawatan namun juga staff yang menjaga kasir dan melaksanakan proses pembayaran, serta staff untuk proses pencatatan stock barang juga proses dokumentasi pelayanan kepada pasien seperti jenis perawatan yang dijalani lengkap dengan waktu pelayananya.

Apakah Anda berencana untuk menyediakan produk eceran ?

Jika ia maka Anda harus menyediakan tempat untuk meletakkan produk Anda. Beberapa kota mewajibkan Anda untuk mendapatkan izin mendirikan klinik kecantikan serta izin menjajakan produk kecantikan. Jangan sampai lupa untuk mengurus izin ini.

Perancangan dan dekorasi

Setelah semua urusan diatas telah diurus dengan baik, barulah Anda bisa melaksanakan perancangan dan dekorasi ruangan salon. Hal yang perlu diperhatikan saat memvisualisasikan ruangan Anda adalah:
-peletakan meja dan kursi
-titik power
-titik air
-pencahayaan
-jendela

Anda juga harus bisa menentukan satu tema untuk memudahkan klien Anda menemukan klinik Anda.

Memilih dan membeli peralatan

Peralatan yang akan diperlukan klinik sebaiknya memiliki kualitas terbaik yang bisa Anda jangkau. Bisnis apapun apabila dijalankan dengan tekun dan patuh selambat apapun pasti akan berkembang. Jadi Anda tidak perlu memaksakan diri Anda untuk langsung memiliki peralatan terbaik saat baru memulai berbisnis klinik.

Untuk peralatan perawatan sesuaikan dengan jenis perawatan yang akan Anda terapkan di klinik. Untuk perlengkapan administrasi seperti meja resepsionis dan lemari penyimpan uang tunai dan kuitansi Anda bisa membeli langsung ataupun membeli produk tangan kedua, pilihlah yang paling sesuai dengan klinik Anda.

Memesan perlengkapan

Patikan semua perlengkapan Anda telah tersedia dan datang tepat waktu. Daftar berikut mencakup persediaan umum paling dasar klinik kecantikan :
-dokter berpengalaman dan memiliki legalitas
-asisten dokter
-bed
-trolly
-sterilizer
-baskom
-sendok una
-spon
-kapas
-tissue
-kaca
-masker
-dll

Publisitas dan Pemasaran

Untuk pemasaran, pastikan sesuai dengan anggaran Anda. Sekarang pemasaran bisa dilaksanakan dengan mudah dan cepat melalui social media.

Mempertahankan dan Menumbuhkan Bisnis

Menjaga dan menumbuhkan klinik kecantikan tidak terlalu ribet :

Anda hanya perlu memastikan klien Anda tetap bahagia dengan perawatan mereka.

Klien yang menikmati pengalaman mereka di klinik kecantikan Anda akan selalu berbagi dan merekomendasikan bisnis Anda dengan keluarga dan teman mereka.

Nah untuk memudahkan Anda dalam mengatur strategi penjualan Anda, gunakan sistem informasi klinik Assist.id . Anda dapat dengan mudah mengatur stock barang di klinik, menyusun transaksi di mesin kasir, menyimpan nama dan jenis perawatan yang telah dilaksanakan dan masih banyak lagi. Temukan Assist disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi [Whats's App : 0821-1222-2500]
Atau kunjungi laman kami di Assist.id

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id