Dalam menjalankan bisnis terutama bisnis klinik, pasti ada saatnya masalah menghampiri masalah. Banyak pengusaha bertahan dan  sebagian lagi menyerah. Tapi, masalah apa saja yang mereka hadapi? Berikut pembahasannya:

Waktu

Pemilik klinik harus bisa membagi waktu pengolahan kliniknya dengan baik. Banyak pengusaha telat datang meeting, ataupun kewalahan mengatur klinik sehingga lari dari target waktu yang direncanakan sebelumnya. Cobalah untuk membuat jadwal harian beserta target pencapaian untuk bisa membantu pengeololaan waktu dengan baik.

Kurang percaya diri

Banyak pemiliki klinik kurang percaya diri dalam memulai bisnis kliniknya, apalagi yang masih berkembang dan belum diketahui banyak orang. Justru hal inilah yang akan membuat klinik kurang dikenal oleh masyarakat. Padahal jika Anda percaya diri dan bisa membawakan diri untuk mengenalkan klinik Anda pasti ada orang yang tertarik terhadap klinik Anda.

Tidak ada dukungan keluarga

Dukungan sangatlah penting, terlebih dukungan keluarga. Masih banyak yang berfikir bahwa usaha klniik itu bukanlah bisnis yang bisa coba-coba dan akan memberikan kerugian besar. Padahal jika tidak dicoba, bagaimana bisnis klinik bisa berjalan? Jadi matangkanlah diri Anda dan fokuskanlah untuk mengelola klinik dengan baik. Jika Anda bisa membuktikan diri Anda mampu tentu keluarga Anda akan mendukung usaha Anda.

Pindah bidang bisnis

Nah, ini juga permasalahan yang sering terjadi dalam berbisnis apalagi bisnis klinik. Banyak pebisnis klinik yang berpindah pindah bidang, entah itu dari bisnis dokter umum, berpindah menjadi bisnis kecantikan, atau pun ke bisnis apotek. Anda harus mantap dalam pilihan Anda untuk menjalankan pilihan bisnis pertama Anda. Pertama pengurusan izinnya tidaklah mudah. Kedua Anda akan kehilangan pasien pertama/pelanggan pertama Anda. Dan ketiga Anda akan di cam pemilik bisnis yang tidak setia dan tidak ada yang mau untuk menjalin kerjasama dengan Anda.

Perang Harga

Salah satu hal yang sering terjadi adalah perang harga antar klinik dengan bidang yang sama. Mereka fokus untuk menurunkan harga serendah mungkin untuk menarik pelanggan, dengan bayaran turunnya kualitas pelayanan. Justru inilah yang tidak disukai pelanggan.

Managemen klinik yang buruk

Dalam mencoba bisnis klinik untuk pertama kalinya tentu Anda akan mengalami kesulitan penyesuaian diri. Kebanyakan memiliki caranya masing-masing untuk mengatasi hal tersebut, entah itu dengan menyewa mereka yang ahli, ataupun mengatasinya sendiri dengan memakan waktu yang lebih lama. Namun apa daya apabila manajemen klinik masih buruk, klinik Anda bisa gulung kasur.

Jika Anda mengalami masalah dalam manajemen klinik, Anda bisa menggunakan Assist.id sebagai solusi manajemen klinik Anda. Assist.id mempermudah Anda dalam melakukan manajemen klinik seperti administrasi, kasir, EMR, stock apotek, antrian dan masih banyak lagi. Pelajari semua fiturnya disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi