Kesehatan gigi dan mulut adalah aspek penting dari kesehatan secara keseluruhan. Di era digital ini, berbagai layanan kesehatan, termasuk klinik gigi dan praktik dokter gigi mandiri, semakin menuju perubahan yang lebih efisien dan canggih. Salah satu perkembangan signifikan dalam bidang ini adalah penggunaan Odontogram Gigi, sebuah solusi rekam medis digital yang membawa berbagai manfaat besar.

Perubahan Menuju Era Rekam Medis Elektronik

Peraturan Pemerintah yang mengatur kewajiban penggunaan Rekam Medis Elektronik (RME) di seluruh fasilitas kesehatan Indonesia telah membawa perubahan besar bagi klinik gigi dan praktik dokter gigi mandiri. Sebelumnya, banyak dari mereka masih menggunakan sistem manual dalam menjalankan operasionalnya. Metode konvensional ini memerlukan banyak kertas untuk mencatat data pasien, yang juga membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar dan aman.

Rekam medis gigi memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan rekam medis kesehatan umum. Rekam medis gigi berisi peta gigi pasien dalam bentuk diagram yang dikenal sebagai odontogram. Setiap gigi memiliki nomor yang mewakili posisinya dalam mulut, mulai dari gigi bungsu hingga gigi geraham. Karena kompleksitas informasinya, terkadang informasi yang terdapat dalam odontogram sulit dimengerti oleh pasien, terutama jika pasien memiliki masalah pada beberapa gigi. Oleh karena itu, fitur odontogram gigi menjadi penting untuk memudahkan tenaga medis dalam mencatat informasi yang jelas dan detail.

Manfaat Odontogram Gigi Bagi Klinik Gigi dan Praktik Dokter Gigi Mandiri

  1. Meminimalisir Kesalahan. Pencatatan rekam medis secara manual memiliki risiko kesalahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem digital. Tindakan coretan atau kesalahan tulisan pada rekam medis manual dapat membuat informasi menjadi tidak rapi dan bahkan tidak dapat dibaca oleh pasien. Kesalahan dalam pencatatan ini dapat meningkatkan potensi adanya kesalahan informasi yang diterima oleh tenaga medis maupun pasien. Dengan odontogram gigi, kesalahan pencatatan dapat diminimalisir, sehingga informasi menjadi lebih akurat.
  2. Terjaminnya Keamanan Data. Rekam medis gigi yang dicatat secara manual atau di atas kertas memiliki risiko kerusakan atau kehilangan. Dengan sistem digital, baik pelayanan kesehatan maupun pasien tidak perlu khawatir lagi terkait keamanan data. Fitur Odontogram dapat diberikan izin akses yang terbatas hanya kepada staf tertentu. Klinik dan praktik dokter gigi mandiri juga dapat melakukan backup data secara rutin, sehingga keamanan data selalu terjamin.

Aplikasi Assist.id Hadirkan Fitur Odontogram Gigi

Pemanfaatan odontogram gigi sebagai bagian dari Rekam Medis Elektronik membawa perubahan besar dalam pelayanan kesehatan gigi di Indonesia. Dengan kemampuan untuk meminimalisir kesalahan dan mengamankan data pasien, odontogram membantu tenaga medis dalam memberikan pelayanan yang lebih baik. Langkah menuju transformasi digital, seperti yang dilakukan oleh Aplikasi Assist.id, membantu mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih efisien dan canggih. Kesehatan gigi adalah investasi dalam kesehatan secara keseluruhan, dan odontogram gigi adalah salah satu langkah penting dalam perjalanan tersebut.

Baca Juga: Manfaat Odontogram dari Assist.id
Atur jadwal demo di klinik Anda sekarang

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#IntegrasiSATUSEHAT #IntegrasiRekamMedis #PMK24 #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #simkliniksatusehat #BanggapakaiEMR #GrowWithAssist #PlatformSATUSEHAT #LebihMudahPakasAssistid

Subscribe newsletter kami untuk informasi terbaru seputar teknologi manajemen kesehatan atau follow instagram Kami di @assistid !