Primary Care atau yang dikenal dengan singkatan PCare, adalah komponen penting dari program kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan di Indonesia. Pelayanan ini menjadi dasar dari sistem kesehatan nasional, yang bertujuan untuk memberikan akses yang adil dan berkualitas tinggi kepada seluruh penduduk Indonesia.

Manfaat FKTP yang Sudah Terintegrasi dengan PCare BPJS Kesehatan

Berikut ini adalah fungsi PCare BPJS Kesehatan sebagai aplikasi klinik BPJS untuk pengguna fasilitas kesehatan agar menjadi solusi terbaik:

Pendaftaran Pasien

PCare membantu peserta BPJS Kesehatan mendaftar dan memberikan akses yang lebih cepat dan mudah ke program kesehatan yang ditawarkan oleh BPJS Kesehatan. Ini membantu mencapai tujuan BPJS Kesehatan untuk memberikan akses yang merata dan terjangkau ke layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia.

Sinkronisasi Data Yang Akurat

Dengan integrasi PCare BPJS, FKTP dapat memiliki data yang selaras dan akurat dengan BPJS Kesehatan. Riwayat pribadi pasien, riawayat klaim, dan riwayat pelayanan kesehatan dapat secara otomatis diperbarui dan disinkronkan antara FKTP dan BPJS Kesehatan untuk menghindari kesalahan data dan memastikan informasi yang tepat saat memberikan layanan kepada pasien.

Peningkatan Efisiensi Administrasi

Dengan akses langsung ke PCare BPJS, FKTP dapat mengurangi tanggung jawab administrasi untuk mengelola klaim dan memproses administrasi. Proses klaim dapat dilakukan secara elektronik melalui sistem PCare BPJS, hal ini membantu mengurangi keterlambatan atau kesalahan yang mungkin terjadi dalam proses manual. Ini meningkatkan efisiensi klinik dalam mengelola layanan kesehatan. Dengan layanan yang efisien, tentunya di harapkan akan meningkatnya keuntungan FKTP.

Mempercepat Proses Diagnosis

PCare memainkan peran penting dalam proses diagnosis yang lebih cepat dan akurat. Dengan akses langsung ke tenaga medis fasilitas diagnostik dasar, dan pemantauan berkala. PCare membantu dalam mengidentifikasi penyakit atau kondisi kesehatan secara lebih efisien. Hal ini dapat memudahkan staf kesehatan untuk melihat kembali riwayat penyakit pasien dan memberikan layanan dengan lebih cepat.

Rujukan yang Tepat dan Mudah

Pencatatan elektronik memiliki keunggulan yang signifikan dalam mengurangi kesalahan pencatatan dibanding dengan pencatatan manual. Selain itu, FKTP juga dapat melakukan rujukan atau berbagi informasi pasien secara online, yang memungkinkan percepatan proses rujukan dan koordinasi perawatan antara fasilitas kesehatan. Hal ini membuat proses pengobatan pasien menjadi lebih efisien.

Dengan berbagai keunggulan ini, FKTP yang terintegrasi dengan Pcare BPJS Kesehatan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan peserta BPJS Kesehatan. Mereka dapat meningkatkan pengalaman pasien BPJS Kesehatan, mengurangi beban administrasi, serta menjalin kerja sama yang erat dengan fasilitas kesehatan lainnya untuk memberikan perawatan yang holistik dan berkualitas.

Sistem Informasi Klinik yang Terintegrasi dengan Pcare BPJS

Sesuai peraturan menteri kesehatan (PerMenkes) republik Indonesia nomor 24 tahun 2022 tentang rekam medis, fasilitas kesehatan termasuk puskesmas, klinik, laboratorium dan rumah sakit diwajibkan untuk menggunakan sistem elektronik.

Aplikasi Assist.id memberikan solusi yang memudahkan pengguna di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Sistem informasi manajemen klinik dari Assist.id telah terintegrasi dengan PCare BPJS Kesehatan, sehingga FKTP dapat meningkatkan pelayanan kesehatannya. Selain itu, Assist.id juga telah terintegrasi ke dalam platform SATUSEHAT sehingga memberikan peluang bagi FKTP untuk memberikan layanan kesehatan secara lebih optimal.

Melalui integrasi tersebut, FKTP dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi pengelolaan rekam medis, mengakses informasi pasien BPJS Kesehatan, serta meningkatkan koordinansi dan kolaborasi dengan sistem medis lainnya.

Baca Juga: Kelola Klinik Lebih Mudah Pakai Assist.id
Atur jadwal demo di klinik Anda sekarang

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#IntegrasiSATUSEHAT #IntegrasiRekamMedis #PMK24 #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #simkliniksatusehat #BanggapakaiEMR #GrowWithAssist #PlatformSATUSEHAT #LebihMudahPakasAssistid

Subscribe newsletter kami untuk informasi terbaru seputar teknologi manajemen kesehatan atau follow instagram Kami di @assistid !