Ternyata masih banyak penilaian masyarakat yang salah mengenai dokter hewan, diantaranya :

Dokter hewan "berurusan" dengan semua hewan

Konsep ini tidak sepenuhnya benar. Dikutip dari worldstory, Zoologist telah meneliti bahwa di dunia ini setidaknya ada 20.000 spesies ikan, 6.000 spesies reptil, 9.000 spesies burung, 1.000 spesies amfibi, 15.000 spesies mamalia, jutaan spesies insekta, dan masih ada jutaan spesies lain yang menunggu untuk ditemukan dan dinamai. Jadi, sangatlah tidak mungkin bagi seorang dokter hewan untuk memelajari semua spesies hewan tersebut. Dokter hewan yang sering kita temui berfokus pada hewan peliharaan ataupun dokter untuk menjaga kondisi hewan langka pada peternakan ataupun pada kebun binatang.

Dokter hewan itu pemberani

Tidak semua dokter berani kepada semua hewan. Beberapa dokter bisa saja takut pada kucing, ular, atau kuda. Bisa saja dokter hewan yang Anda temui berhasil menangani ketakutannya pada hewan.

Kedokteran hewan tidak lebih baik dari kedokteran manusia

Hal ini cendrung relatif. Faktanya dokter hewan di Indonesia dituntut banyak belajar berbagai macam hewan dalam waktu singkat, yaitu selama 4 tahun ditambah koas selama setahun. Jika dilihat lebih seksama, dokter hewan lebih menantang.

Gaji kecil

Hal ini juga bersifat relatif. Ambil contoh, seorang dokter hewan ahli kuda, ketika dimintai bantuan untuk mengawinkan kuda, sekali proses bisa dibayar setidaknya Rp 500.000,00 tanpa ada jaminan berhasil. Seorang dokter hewan ahli reptil yang bisa berhasil mengoperasi tumor pada seekor iguana bisa dibayar beberapa ratus ribu hingga jutaan oleh klien. Hal ini dilakukan klien semata-mata sebagai tAnda terima kasih karena dokter hewan telah membantu menyelamatkan nyawa ‘keluarganya’. Ya, tetapi besarnya gaji harusnya sepadan dengan keahlian. Kalau tidak ahli minta gaji tinggi, pastinya tidak bisa. Namun, jika ahli tetapi gaji masih pas-pasan, itulah Indonesia.

Tidak ada hubungannya dengan kesehatan manusia

Hal ini tidak benar. Dokter hewan mendalami ilmunya di  bidang kesehatan hewan, untuk mencegah hewan menyakitinya sendiri juga menyakiti manusia. Jadi, sebenarnya dokter hewan sangat erat hubungannya dengan kesehatan manusia.

Nah itulah miskonsepsi yang sering terjadi di masyarakat. Apakah masih ada miskonsepsi lain yang belum dibahas disini ?

Jangan lupa untuk menggunakan Assist.id sebagai sistem informasi klinik anda. Temukan Assist.id disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi