Kebutuhan masyarakat terhadap klinik kesehatan mulai menjamur. Proses mendirikan klinik kesehatan memang susah-susah gampang. Jika tidak memiliki modal dan kemauan , bisa dijamin Anda tidak bisa mendirikan kilnik.  Simak dahulu langkah membangun klinik berikut :

Perencanaan :Jenis Klinik

Keunikan klinik Anda dibanding klinik lain akan membuat pasien Anda merekomendasikan klinik Anda ke kolega mereka. Jenis klinik yang Anda bangun bisa berbagai ada 2 yaitu :
-Klinik Pratama dan
-Klinik Utama

Klinik Pratama dapat menyelenggarakan pelayanan medik dasar,

sementara

Klinik Utama dapat menyelenggarakan klinik spesialis dan pelayanan medis dasar.

Jenis kepemilikan

Jika kemauan Anda besar, pasti jalan untuk memilki modal akan terbuka. Anda akan lebih terdorong untuk mencari jalan bagaimana agar klinik Anda dapat beroperasi dengan baik.

Lokasi

Membangun klinik di lokasi yang tepat bisa membuatnya lebih dikenal dan lebih mudah dicari oleh pasien. Usahakan untuk memposisikan klinik Anda berada tempat dimana hanya klinik Anda yang berada di sana. Apabila ada beberapa klinik dengan segmen yang sama dalam radius 50 meter, Anda harus lebih gencar lagi dalam meningkatkan kualitas pelayanan Anda agar lebih menonojol dibanding klinik terdekat.

Bangunan Klinik

Bangunan klinik menjadi faktor penentu kesuksesan klinik. Desain bangunan harus sesuai dengan segmen klinik yang Anda bangun. Untuk sasaran target pasien kelas menengah kebawah, buatlah klinik Anda secara simple saja, dengan ruangan yang bersih, pelayanan cepat, dan harga terjangkau. Untuk sasaran pasien kelas menengah, buatlah klinik dengan desain minimalis, modern serta nyaman.

Biaya-biaya operasional

Biaya operasional seperti sewa gedung (apabila gedung disewa), biaya listrik dan telepon menjadi kewajiban yang jangan sampai terlupakan.

Sistem manajemen klinik

Sistem yang menunjang proses berjalannya klinik seperti :

  1. Sumber Daya Manusia
  2. SOP dan Sistem perusahaan
  3. Marketing
  4. Keuangan
  5. Sistem Informasi klinik

Nah bagi Anda yang masih kesulitan dan mencari cara lebih tepat untuk memanajemen klinik, kini telah hadir sistem informasi klinik Assist.id

Kemudahan pengelolaan klinik yang bisa Anda dapatkan adalah :
-EMR pasien lengkap dengan laporan waktu konsultasi dan diagnosa berupa catatan kaki
-Kasir untuk mengelola keluar-masuk keuangan klinik
-Apotek lengkap dengan catatan pendistribusian obat
-dan masih banyak lagi

Temukan Assist disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi