Pentingnya akses mudah dan cepat ke layanan kesehatan dasar adalah hal yang tak bisa diabaikan. Inilah mengapa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah menciptakan aplikasi revolusioner bernama PCare. Aplikasi ini hadir dengan tujuan utama untuk mempermudah para peserta BPJS Kesehatan dalam mengakses layanan kesehatan dasar yang diberikan oleh BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia.

Mengapa PCare BPJS begitu Penting untuk Klinik?

Program ini bertujuan meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat dengan berfokus pada perawatan preventif serta pengobatan penyakit-penyakit umum seperti batuk dan flu. Layanan kesehatan dasar yang disediakan di dalam aplikasi PCare meliputi pemeriksaan kesehatan rutin, pengobatan penyakit-penyakit umum, serta pemberian vaksinasi. Tidak hanya itu, PCare juga merupakan jalur utama untuk masuk ke sistem perawatan kesehatan lanjutan, seperti rujukan ke spesialis atau perawatan inap di rumah sakit.

Fitur Unggulan PCare BPJS

Aplikasi PCare yang dapat diakses menggunakan jaringan internet, dan membawa beragam fitur unggulan yang memudahkan para peserta BPJS Kesehatan:

  1. Pendaftaran PCare. Sekarang, peserta dapat mendaftar dengan mudah melalui aplikasi PCare, tanpa perlu datang langsung ke kantor BPJS.
  2. Status Kesehatan. Mengecek status kesehatan Anda kapan saja dan di mana saja hanya dalam beberapa klik.
  3. Status Klaim. Memantau klaim kesehatan Anda dengan cepat dan efisien.
  4. Janji Temu Dokter. Mengatur janji temu dengan dokter sesuai dengan kebutuhan Anda.
  5. Informasi Layanan Kesehatan Dasar. Menyajikan informasi lengkap tentang layanan kesehatan dasar yang tersedia, jadwal vaksinasi, lokasi fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, dan jenis obat-obatan yang ditanggung BPJS Kesehatan.
  6. Informasi Tentang Penyakit dan Pencegahannya. Memberikan pengetahuan tentang jenis penyakit dan cara pencegahannya.

Manfaat PCare BPJS

Bagi peserta BPJS Kesehatan, PCare membawa manfaat tak ternilai:

  • Memudahkan peserta dalam mengakses layanan perawatan kesehatan dasar yang ditawarkan PCare, seperti pendaftaran, pengaturan janji dokter, cek status kesehatan, dan cek klaim kesehatan.
  • Memberikan informasi tentang layanan kesehatan dasar yang tersedia, jadwal vaksinasi, lokasi fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, dan jenis obat-obatan yang ditanggung BPJS Kesehatan.
  • Mempermudah peserta mengakses informasi yang diperlukan dalam mengelola masalah kesehatan mereka, secara mudah, cepat, dan efisien.
  • Peserta BPJS Kesehatan kini dapat mengakses layanan PCare secara daring, tanpa harus datang langsung ke fasilitas kesehatan.

Bagi Fasilitas Kesehatan:

Untuk rumah sakit, klinik, ataupun penyedia layanan kesehatan lainnya yang ingin memasang aplikasi PCare, ada beberapa persyaratan dan tahapan yang harus dipenuhi:

  1. Mendaftar sebagai mitra BPJS Kesehatan melalui situs web atau di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.
  2. Melengkapi dokumen yang diperlukan.
  3. Melakukan verifikasi dokumen dan persyaratan oleh BPJS Kesehatan.
  4. Setelah disetujui menjadi mitra, fasyankes akan menerima nama pengguna dan kata kunci yang dapat digunakan untuk mengintegrasikan aplikasi SIMRS mereka dengan PCare.
Baca Juga: Aplikasi Assist.id Terintegrasi dengan PCare BPJS Kesehatan

Untuk terintegrasi dengan PCare, fasyankes memerlukan SIMRS yang sudah dapat mengintegrasikan SIMRS dengan PCare. Aplikasi Assist.id sebagai SIMRS yang sudah terintegrasi ke dalam platform SATUSEHAT, merupakan sistem yang dapat terintegrasi dengan PCare.

Fitur-fitur diAssist.id memungkinkan fasyankes mengakses data pasien di PCare. Hal ini membantu mereka mendapatkan akreditasi dari Kemenkes RI, karena salah satu persyaratan mendapatkan akreditasi adalah bridging atau integrasi dengan BPJS.

Atur jadwal demo di klinik Anda sekarang

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#IntegrasiSATUSEHAT #IntegrasiRekamMedis #PMK24 #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #simkliniksatusehat #BanggapakaiEMR #GrowWithAssist #PlatformSATUSEHAT #LebihMudahPakasAssistid

Subscribe newsletter kami untuk informasi terbaru seputar teknologi manajemen kesehatan atau follow instagram Kami di @assistid !