Klinik pasti sudah familiar dengan sistemasi pendaftaran manual kunjungan klinik, mulai dari pencatatan data pasien, booking schedule konsultasi, kelola nomor antiran, dll. Secara manual, semua proses ini memakan waktu juga tenaga yang tidak sedikit. Coba deh gunakan Sistem Informasi Denta dari Assist.id, maka klinik akan melaksanakan tugas berikut tanpa ribet :

Pencarian Data Pasien Cepat dan Tepat Sasaran Sistem

Gambar diambil dari blog (Pencarian Data Pasien dengan Cepat)

Pasien diminta untuk memenuhi informasinya ke sebuah kartu yang berisi data diri serta informasi medis pasien. Kartu ini disebut Rekam Medis. Kebearadaan Rekam Medis disimpan oleh klinik, dan data medis pasien yang ada di dalamnya wajib diupdate setiap kali pasien konsultasi dengan dokter. Nah dari sekian banyak pasien yang menjalani perawatan kesehatan di klinik, tentu staff klinik perlu tenaga ekstra untuk menemukan kartu pasien tersebut, terutama staff bagian pendaftaran.

Karena sekarang tersedia Denta yang dapat menyimpan data pasien lengkap dengan Rekam Medisnya secara digital, urusan pencarian data pasien menjadi sangat mudah mudah. Staff tinggal mengetikkan informasi berupa nama/nomor MR/nomor HP/alamat/nomor BPJS pasien, dan klik data pasien yang dituju untuk booking jadwal konsultasi pasien, ataupun input Vital Sign pasien yang sedang mengantri. Data pasien dapat dengan sangat mudah ditemukan, dan sudah pasti tidak salah sasaran (dapat menghindari data double).

Nomor Antrian Otomatis Lengkap dengan Sistem Pemanggilan Pasien Otomatis Terhubung ke Speaker Klinik

Biasanya klinik perlu mempersiapkan kertas nomor antrian (opsional) dan masih berteriak memanggil-manggil nama pasien yang siap untuk menjalani konsultasi ke ruangan dokter. Jika pasien sedang tidak sedang ramai pastinya pihak pendaftaran bersikap biasa saja dalam melaksanakan tugas-tugas ini. Namun bagaimana jika klinik selalu dalam keadaan ramai? Pada Denta, setiap pasien yang didaftarkan memiliki nomor antirian mereka masing-masing yang urutannya dapat ditampilkan pada monitor klinik. Sistem juga dilengkapi dengan fungsi yang bisa memanggil pasien berdasarkan nama mereka untuk memasuki ruagan dokter jika dihubungkan dengan speaker klinik.

Staff tidak perlu lagi capek-capek memanggil nama pasien berulang-ulang hanya untuk memasuki ruangan dokter ataupun mengambil obat. Pasien juga akan sangat terbantu untuk mengetahui perkiraan waktu antrian mereka dari monitor.

Rencana Tindakan Pasien yang Bisa Ditambahkan Langsung ke Data Booking Tanpa Ribet

Terkadang pasien menyampaikan informasi berupa rencana tindakan yang akan mereka jalani kepada bagian pendaftaran bahkan sebelum menemui dokter. Bagian pendaftaran bisa memasukan data tersebut ke data booking pasien sebagai free notes yang dapat diteruskan ke dokter yang bersangkutan, termasuk rencana tindakan pasien. Jadi tidak ada data pasien yang tertinggal.

Easy Reschedule Jadwal Booking Hingga Beberapa Bulan Kedepan

Gambar diammbil dari blog (Cara Atur Ulang Jadwal Konsultasi Pasien (Easy Reschedule))

Booking jadwal konsultasi biasanya hanya bisa dijadwalkan untuk beberapa minggu, atau bahkan hanya beberapa hari kedepan, karena terbatas dengan buku catatan yang biasanya digunakan sebagai media booking jadwal konsultasi. Hal ini bertujuan agar jadwal konsultasi tidak tertinggal karena yang tertumpuk , ataupun terjadi kesalahan skedul karena jadwal dokter yang berubah.

Semua ini bisa diatasi dengan fitur Easy Reschedule, Sistem Informasi Denta yang memungkinkan staff bagian pendaftaran untuk reschedule tanpa kendala. Sistem telah mencatat jadwal praktek dokter, sehingga staff tidak bisa memasukkan jadwal dokter diluar jam praktek dokter dengan sistem warning. Staff pun bisa memblok kalender dokter seandainya dokter tidak dapat hadir meskipun dokter sudah berada pada jadwal yang seharusnya, dengan tujuan agar pasien ataupun staff pendaftaran lain tidak bisa booking jadwal dokter ke sistem (baik dari aplikasi booking online pasien, ataupun pada sistem klinik) untuk menghindari kesalahan booking jadwal sementara dokter tidak hadir di klinik.

Fitur yang sangat membantu bukan?

Bisa Input Vital Sign Sembari Menunggu Antrian Pasien

Gambar diambil dari blog (Update Assist.id versi 3.5.9)

Salah satu keunggulan sistem informasi klinik Denta dari Assist.id adalah staff pendaftaran, jika berkenan, dapat memasukkan nilai Vital Sign pasien yang sedang menunggu antrian. Tidak semua alur klinik mewajibkan bidan untuk berada di meja pendaftaran dengan tujuan untuk membantu mendapatkan Vital Sign pasien langsung saat mendaftarkan pasien bukan? Terkadang pengambilan data Vital Sign seperti berat badan, tinggi badan, suhu tubuh, dan data lainnya diukur langsung di ruangan dokter, lengkap dengan peralatannya yang terkadang tidak dibawa ke meja pendaftaran.

Sistem Denta menyediakan opsi tersebut. Jika pihak klinik berkenan, maka hasil dari pengukuran data tersebut bisa ditambahkan langsung sembari mendaftarkan antrian pasien, ataupun mengosongkan data tersebut jika Vital Sign tidak dibutuhkan, karena data ini juga bisa ditambahkan pada EMR oleh dokter saat pasien sedang konsultasi dengan dokter.


Perlu diketahui tidak hanya ini fitur yang Denta miliki.

Hanya dengan satu aplikasi, masalah-masalah yang terjadi pada proses pendaftaran, konsultasi, peracikan obat hingga pembuatan laporan terselesaikan sehingga mengurangi beban kerja tim, agar dapat lebih fokus dalam pada peningkatan pelayanan pelanggan dan pengembangan klinik.

Dengan fitur terintegrasi, tampilan simpel dan dapat diakses dimana saja kapan saja, Denta memberikan kemudahan, kecepatan dan fleksibilitas dalam penggunaan aplikasi sehingga kegiatan manajemen praktek menjadi lebih sederhana, bisa Kelola Klinik Tanpa Bikin Pusing deh (。•̀ᴗ-)✧

Tertarik dengan Sistem Informasi Klinik Gigi Premium Denta ?
Silahkan langsung chat dengan kami [Whats's App : 0821-1222-2500]
Atau kunjungi laman kami di Assist.id


Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id