Klinik di Indonesia mulai Meninggalkan Rekam Medis Manual

Dalam era digital yang terus berkembang, banyak sektor yang mengalami perubahan besar, termasuk bidang kesehatan. Inovasi terbaru yang menarik adalah penggunaan rekam medis elektronik di seluruh fasilitas kesehatan Indonesia.

Menariknya lagi, sistem rekam medis elektronik ini membawa berbagai fitur tambahan meliputi sistem manajemen klinik, mulai dari modul pendaftaran, pembayaran, farmasi, hingga laporan keuangan. Hal ini membuat klinik biasa pun menjadi “klinik pintar”.

Klinik seperti Apa yang dapat disebut sebagai Klinik Pintar?

Klinik pintar adalah sebutan atau julukan bagi klinik yang telah terdigitalisasi. Mereka memanfaatkan berbagai inovasi teknologi untuk meningkatkan efisiensi, aksesibilitas, dan akurasi perawatan kesehatan.

Sejalan dengan visi Kemenkes yang ingin seluruh fasilitas kesehatan, termasuk Klinik, terdigitalisasi pada tahun 2024. Akhirnya semakin banyak ditemui Klinik Pintar di sekitar kita.

Assist.id sebagai Solusi Digitalisasi Klinik di Indonesia

Untuk membuat klinik menjadi "Klinik Pintar", diperlukan sistem yang membawa berbagai inovasi teknologi. Assist.id menjadi solusi yang dapat digunakan Klinik untuk kebutuhan itu.

Sistem Assist.id mempunyai banyak fitur yang dapat menjadikan Klinik biasa menjadi "Klinik Pintar". Tidak hanya kaya akan fitur, namun penggunaannya pun mudah dan mempunyai layanan after sales sehingga terjamin Klinik yang berlangganan dapat memakai dan memaksimalkan fitur-fitur yang ada.

Fitur yang terdapat di sistem Assist.id adalah:

  1. Rekam Medis Elektronik: Sistem pencatatan elektronik digunakan di klinik pintar untuk menggantikan catatan medis manual. Sistem ini memungkinkan penyimpanan data pasien yang aman dan akses cepat ke riwayat medis pasien.
  2. Telekonsultasi: Pasien dapat melakukan konsultasi medis dengan dokter jarak jauh melalui pesan teks. Ini mengatasi kendala geografis dan memungkinkan pasien untuk berkonsultasi dengan dokter tanpa harus datang ke klinik secara langsung.
  3. Website Gratis Khusus Klinik: Pasien dapat melihat berbagai layanan dan informasi yang disediakan klinik melalui website khusus ini. Website ini pun terintegrasi dengan pendaftaran online dan juga telekonsultasi untuk Klinik tersebut.
  4. Beli Obat Lebih Murah: Assist.id menjembatani Klinik dengan supplier obat yang terpercaya, selain itu terdapat harga khusus bagi Klinik yang berlangganan Assist.id saat melakukan pembelian obat dengan order dari aplikasi. Menghemat biaya pembelian obat dan meningkatkan profitabilitas Klinik.

Penggunaan aplikasi Assist.id ini memberikan banyak manfaat yang signifikan pada pasien dan industri kesehatan secara keseluruhan, selain memperbanyak "Klinik Pintar" di Indonesia.

Manfaat Penggunaan Teknologi Sistem Manajemen Klinik bagi Pasien:

  1. Akses yang Lebih Mudah: Pasien dapat dengan mudah mendapatkan perawatan medis tanpa harus bepergian ke klinik langsung, ini sangat berguna bagi pasien yang tinggal di daerah terpencil atau memiliki mobilitas terbatas.
  2. Kenyamanan: Perawatan menjadi lebih nyaman bagi pasien. Mereka dapat mengurangi waktu tunggu dan prosedur administrasi dengan melakukan konsultasi, mengisi formulir, dan membayar tagihan secara mandiri melalui stasiun mandiri di Klinik Pintar.
  3. Diagnosa yang Lebih Cepat dan Akurat: Dokter dapat membuat diagnosa dengan lebih cepat dan akurat dengan bantuan teknologi diagnostik canggih di Klinik Pintar.
  4. Privasi yang Dijamin: Keamanan Informasi Medis

Manfaat Penggunaan Teknologi Sistem Manajemen Klinik bagi Layanan Kesehatan:

  1. Efisiensi yang Meningkat: Dokter dapat memberikan perawatan yang lebih efisien melalui penggunaan teknologi Assist.id.
  2. Pengurangan Biaya Operasional: Dalam jangka panjang, teknologi ini dapat membantu fasilitas kesehatan mengurangi biaya administrasi dan operasional lainnya.
  3. Pengembangan Telekonsultasi: Assist.id mendorong perkembangan telekonsultasi, yang membuka peluang baru dalam cara konsultasi medis dan perawatan dilakukan.
  4. Integrasi Teknologi: Inovasi ini mendorong pengembangan dan integrasi teknologi medis canggih dalam sektor kesehatan.
  5. Inklusivitas dan Akses yang Lebih Baik: Klinik yang menggunakan Assist.id membantu pasien dari berbagai latar belakang mendapatkan perawatan medis yang mereka butuhkan.

Dengan penggunaan teknologi sistem manajemen klinik Assist.id, tidak hanya mengubah Klinik menjadi "Klinik Pintar", inovasi ini membawa dampak positif yang signifikan pada pasien dan industri kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Kelola Klinik Lebih Mudah dengan Assist.id
Atur jadwal demo di klinik Anda sekarang

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#IntegrasiSATUSEHAT #IntegrasiRekamMedis #PMK24 #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #simkliniksatusehat #BanggapakaiEMR #GrowWithAssist #PlatformSATUSEHAT #LebihMudahPakasAssistid

Subscribe newsletter kami untuk informasi terbaru seputar teknologi manajemen kesehatan atau follow instagram Kami di @assistid !