Prinsip pemasaran Guerilla Marketing adalah strategi periklanan yang membidik target semaksimal mungkin menggunakan peralatan seminimal mungkin, misalnya dengan menggunakan promosi pada media-media yang menjangkau banyak viewer. Guerilla Marketing memang menekankan komunikasi yang sporadis, biaya rendah, untuk hasil yang optimal. Seiring dengan tingginya penetrasi internet, aktivitas marketing jenis ini telah menjalar ke ranah online dengan istilah Guerilla Digital Marketing. Berikut pembahasannya :

Konsep Guerilla Marketing

Guerrilla Marketing menggunakan cara yang tidak konvensional dan berbiaya rendah seperti :

-graffiti,

-sticker bombing,

-flash mobs,

-dll

Konsep ini dikembangkan pertama kali sebagai sistem promosi yang bersandar pada waktu, energi dan imajinasi daripada anggaran marketing yang besar, dengan tujuan sebuah konsep yang interaktif, unik dan menarik audience untuk berpikir, yang pada akhirnya mendorong agar orang membicarakan tentang klinik Anda.

Langkah Guerilla Marketing

Berikut adalah langkah dan strategi khusus dalam menggunakan konsep Guerilla Marketing pada klinik Anda:

1.Mendapatkan sebuah komunitas

Hal yang paling penting adalah berada dalam lingkungan yang sesuai dengan produk / jasa yang akan Anda tawarkan. Anda bisa mencari dan memperhatikan suatu komunitas di sosial media, mempelajari apa yang mereka sukai dan bergabung dengan mereka agar dapat dengan tepat menawarkan produk Anda.

2.Berpikir outside the box

Untuk Anda yang ingin melakukan promosi penjualan namun tidak terlihat seperti promosi penjualan strategi pemasaran ini sangat cocok untuk Anda.

Guerilla Marketing merupakan sebuah kombinasi dari musik, misteri, seni, kultur, humor dan dinamika sosial yang berfungsi sebagai promosi penjualan tetapi tidak terlihat seperti promosi penjualan - Nathan Dube

Untuk menyelaraskan pertemuan dengan filosofi Guerrilla Marketing, maka Anda harus merencanakan sesuatu yang spesial dan menarik. Guerrilla Marketing memiliki taktik yang fleksible, misalnya jika Anda tinggal di Romania dan Twitter sedang tidak dapat diakses, maka Anda bisa mendapatkan menu KFC secara gratis. Bisa saja untuk klinik Anda bisa merencanakan sesuatu yang spesial dan menarik.

3.Siap untuk menangani keluhan dan kritik

Setelah klinik Anda ditampilkan ke publik melalui media sosial, artinya Anda harus siap untuk menangani keluhan dan kritik. Setiap pengguna media sosial memiliki kebebasan untuk menyampaikan pendapat mereka, mulai dari feedback positif berupa sanjungan hingga kritik pedas. Komplain palsu oleh pihak kompetitor juga memiliki kemungkinan untuk muncul. Jadi setiap kali Anda menemukan solusinya, posting hasilnya pada sosial media tersebut, dan bersiaplah untuk memblokir siapa saja yang dengan sengaja ingin merusak reputasi bisnis Anda di dunia Maya.

4.Selalu update pada perkembangan terbaru

Media sosial cendrung terus berubah, sehingga Anda lebih dituntut untuk lebih kreatif dalam membawa produk Anda untuk diperkenalkan ke orang banyak. Perhatikan selera pasar, pikirkan ide Anda, serta buatlah rencana strategi. Setelah semuanya matang, kemudian lakukan implementasi dan lihat hasilnya terhadap klinik Anda.

Dan yang paling utama, gunakan Assist.id sebagai sistem informasi klinik Anda. Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi