Menurut Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (PERMENKES RI) Nomor 9 Tahun 2014, klinik merupakan fasilitas layanan kesehatan yang menyelenggarakan layanan medis dasar atau medis spesial sesuai dengan tenaga medis yang tersedia di dalamnya. Dalam konteks ini, kami akan membahas perbedaan antara Klinik Pratama dan Klinik Utama berdasarkan peraturan tersebut.

Klinik Pratama: Layanan Kesehatan Tingkat Pertama

Klinik Pratama adalah klinik tingkat pertama dalam sistem jaringan pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk menyelenggarakan layanan medis dasar atau primer. Fasilitas ini terdiri dari klinik-klinik kecil yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Tugas utama Klinik Pratama melibatkan penanganan masalah kesehatan yang tidak terlalu parah. Fasilitas ini menyediakan pemeriksaan, pengobatan, dan layanan kesehatan lainnya, serta memberikan layanan preventif dan promotif bagi masyarakat di sekitarnya.

Selain itu, Klinik Pratama berperan dalam mengidentifikasi masalah kesehatan yang lebih serius dan memberikan pertolongan pertama sebelum merujuk pasien ke fasilitas layanan kesehatan tingkat lanjut seperti Klinik Utama atau Rumah Sakit.

Klinik Utama: Layanan Kesehatan Tingkat Lanjutan

Klinik Utama, di sisi lain, merupakan klinik tingkat lanjutan dari jaringan pelayanan kesehatan. Fasilitas ini menawarkan layanan kesehatan yang lebih spesifik dan terfokus pada penanganan medis yang lebih serius dan tindakan medis yang lebih rumit dengan menggunakan peralatan medis yang lebih canggih.

Klinik Utama terdiri dari klinik-klinik yang lebih besar dari Klinik Pratama. Tugas utamanya melibatkan pelayanan pemeriksaan, pengobatan, dan layanan kesehatan lainnya bagi masyarakat sekitarnya. Klinik Utama juga menerima pasien rujukan dari Klinik Pratama yang membutuhkan tindakan atau perawatan lanjutan.

Persyaratan Klinik Pratama dan Klinik Utama

Klinik Pratama

  • Minimal memiliki dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya yang terlatih.
  • Peralatan medis dan obat-obatan yang memadai.

Klinik Utama

  • Memiliki dokter spesialis.
  • Perawat dengan kompetensi yang lebih tinggi.
  • Persediaan obat-obatan yang lebih memadai.
  • Peralatan medis yang lebih canggih, termasuk Sistem Informasi Rumah Sakit (SIMRS).

Dukungan Assist.id

Assist.id mendukung kebijakan pemerintah dengan menyediakan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIMRS) untuk Klinik Pratama dan Klinik Utama. Assist.id adalah solusi perangkat lunak aplikasi klinik yang sesuai untuk Klinik Pratama dan Klinik UtamaAssist.id.  memiliki fitur canggih seperti membuat laporan manajemen, integrasi penuh dengan BPJS, reservasi online untuk pasien, dan cek kegiatan klinik dari mana saja. Assist.id juga dapat dicoba selama 7 hari secara gratis, tanpa biaya apa pun.

Tertarik Mengetahui Lebih Lanjut mengenai SIMRS? Hubungi Tim Assist.id untuk Informasi Selengkapnya!

Atur jadwal demo di klinik Anda sekarang

Cari informasi lainnya di Kotak di bawah ini

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai produk atau cara penggunaannya silahkan hubungi kami melalui live chat di dalam sistem ataupun laman kami di sebelah kanan bawah. Selamat Mencoba!

Live Chat sistem klinik Assist.id

#IntegrasiSATUSEHAT #IntegrasiRekamMedis #PMK24 #BridgingSATUSEHAT #SistemKlinikSATUSEHAT #simkliniksatusehat #BanggapakaiEMR #GrowWithAssist #PlatformSATUSEHAT #LebihMudahPakasAssistid

Subscribe newsletter kami untuk informasi terbaru seputar teknologi manajemen kesehatan atau follow instagram Kami di @assistid !