Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pekerjaan ini menjadi pekerjaan yang banyak diincar oleh kalangan muda di Indonesia. Namun untuk menjadi seorang dokter tahapannya sangat panjang dan melelahkan. Berikut tahapannya :

Pra-Klinik

Setelah melewati serentetan ujian masuk universitas, inilah tahap yang wajib dilewati. Tahap pra klinik adalah masa-masa Anda menjadi mahasiswa kedokteran. Ditahap ini Anda akan mempelajari segala teori dan praktek yang berhubungan dengan bidang medis. Bedanya kuliah kedokteran menggunakan sistem blok yang dibagi berdasarkan modul/materinya. Misalnya :

Blok Kardiovaskular
Blok Neurologi
Blok Reproduksi
dan lainnya

Untuk bisa lulus sebagai sarjana kedokteran , seorang mahasiswa kedokteran harus menempuh kurang lebih 21 blok (bergantung pada universitasnya), dengan durasi per bloknya mencapai 6-7 minggu tergantung dari materi yang dijalankan.
Nah berbeda dengan mahasiswa jurusan lainnya, Ujian akhir mahasiswa kedokteran dilaksanakan disaat masa akhir tiap blok. Jadil jikan misalnya ada 3 blok di semester tersebut maka mereka harus mengikuti 3 kali ujian dalam satu semester. Saat mereka telah menyelesaikan perkuliahan kedokteran mereka masih belum bisa menjadi dokter. Mereka akan mendapatkan gelar S.Ked dan masih harus menjalani tahapan...

Klinik

Pada tahapan ini atau yang lebih dikenal dengan koas. mereka berperan menjadi asisten dokter, terjun langsung ke Rumah Sakit  untuk mempraktekkan langsung beragam materi yang didapatkan di bangku perkuliahan ke pasien asli dengan supervisi dan bimbingan dari dokter senior.

Para Koas atau dikenal juga dengan "dokter muda" akan dirotasi sesuai dengan pekerjaan yang harus diperlajari. Rotasi ini disebut juga dengan "stase". Stase yang dipelajari terdiri dari :

Stase anestesi
Stase bedah
Stase THT dan
lainnya

Ditahap ini mereka tidak hanya mempelajari cara memeriksa pasien namun juga belajar skill-skill kedokteran seperti menyuntik pasien, mengambil darah, menjahit luka, menjadi asisten operasi, memasang kateter dan lain sebagainya,merespkan obat pada pasien yang tentunya semuanya dilakukan dengan bimbingan dokter senior. Uji kompetensi yang dihadapi pada tahap ini dilakukan dengan stAndar Nasional, bernama Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Kedokteran (UKMPPD). Meski telah melewai tahap ini mereka masih harus menjalani....

Internship

Masa internship dijalani di RS atau puskesmas dengan durasi waktu 1 tahun. Meskipun statusnya Internship, dokter-dokter tersebut telah memiliki jam kerja selayaknya dokter sungguhan. Mereka juga sudah dilepas dan tidak diawasi seketat koas. Meskipun begitu mereka masih berada dibawah bimbingan dokter senior dan supervisi seandainya terjadi sesuatu.

Jika mereka telah menyelesaikan intership, dokter ini sudah boleh bekerja di rumah sakit, puskesmas atau membuka praktek pribadi.

Sekolah Spesialis

Saat dokter menyelesaikan masa intership. Statusnya adalah dokter umum. Jika mereka ingin memperdalam lagi ilmunya di bidang tertentu seperti bedah, syaraf, anak, maka mereka harus memperdalam pendidikan lagi sebagai dokter spesialis. Pendidikan dokter spesialis ini biasanya berlangsung selama 4-6 tahun tergantung bidang yang hendak diikuti. Setelah selesai dokter akan menyandang gelar tambahan dibelakang namanya yaitu Sp.(Bidang Spesialis)-misal Sp.A untuk spesialis anak, Sp.OG untuk spesialis kandungan dan masih banyak lagi.

Dan jika ditotal seorang dokter harus menempuh pendidikan selama 10-12 tahun untuk bisa menjadi dokter dengan izin praktik dan keahlian spesialis. Jadi hargailah dokter Anda. Tidak mudah bagi mereka untuk mencapai posisinya sekarang.

Untuk para dokter, gunakanlah sistem informasi klinik Assist.id untuk memperlancar sistem pendataan klinik atau praktik pribadi anda. Rasakan kemudahan pengelolaan data klinik disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi