Banyak kesaksian seseorang yang berhasil dalam menjalani usahanya. Perjalanannya memang tampak mudah  dan bisa dicapai namun banyak hal yang tersembunyi dari pandangan orang banyak. Anda bisa mengambil pelajaran ini dan mengaplikasikannya pada klinik Anda. Berikut pembahasannya :

Terkadang Ide bisnis bisa gagal

Anda wajib untuk memahami ide bisnis klinik Anda. Secermelang apapun rencana Anda, pada kenyataannya tidak bisa terlaksana sepenuhnya. Anda harus tetap bersiap-siap meskipun rencana Anda sukses. Jangan mudah menyerah dalam membangun klinik. Jika cara pertama tidak berhasil, Anda bisa mencari jalan lain yang lebih cocok untuk klinik Anda.

Binis Anda membutuhkan kerja keras dan pengorbanan lebih dari yang Anda duga

Umur muda dan modal berlebih tidak akan membuat bisnis Anda sukses begitu saja. Waktu, tenaga dan pikiran juga akan diperlukan dalam bisnis klinik ini.

Anda akan mengorbankan banyak hal untuk sukses

Waktu bersantai Anda akan berkurang drastis, Anda harus tegas terhadap diri sendiri , dan fokus untuk mengelola klinik jika Anda ingin mengembangkan bisnis.

Jika ingin sukses, berani memulai saja tidak cukup. Anda juga harus punya potensi dan skillnya.

Jika Anda hanya mengikuti tren sebaiknya Anda urungkan niat untuk usaha klinik. Klinik membutuhkan izin usaha dan pertanggung jawaban yang besar, Potensi yang dibutuhkan dan yang Anda miliki harus seimbang dan menunjang bisnis klinik. Namun jika Anda memiliki kemampuan skill manajemen yang baik, serta mengetahui seluk beluk dunia klinik, mungkin Anda bisa membuka klinik.

Jadikanlah diri Anda yang pertama untuk mencoba klinik Anda sendiri

Dengan menjadi pelanggan pertama klinik Anda, Anda bisa mencari tahu kekurangan klinik, dan jika Anda saja tidak mau mencoba produk Anda sendiri, siapa yang  mau ?

Wajib menjadi mandiri dan memprioritaskan kepentingan bisnis

Jika Anda memulai usaha sendiri ,maka Anda wajib untuk bisa mengelolanya sendiri. Orang terdekat Anda mungkin hanya bisa memberikan nasehat serta masukan. Segala keputusan harus berada di tangan Anda, jadi Anda harus memilki mental yang kuat ya.

Belajar berkata tidak dan selektif dalam mengambil tindakan

Jika memang ada yang tidak cocok dengan klinik Anda, Anda harus menolaknya, meskipun itu adalah teman/keluarga Anda sendiri. Namun penilaiannya harus bersifat adil.

Terkadang Anda akan kehilangan teman-teman

Hal ini bisa terjadi jika teman-teman Anda menawarkan jasa mereka menjadi supplier ataupun bekerja sama dengan Anda, namun cara kerja mereka tidak sesuai dengan klinik Anda. Nah disaat ini Anda wajib menolak mereka. Mereka mungkin akan mempalingkan diri mereka dari Anda, namun hal ini wajib dilakukan demi klinik.

Anda harus tahu tidak semua orang cocok dengan bisnismu

Sebelum memulai bisnis klinik Anda harus tentukan dahulu target pasien Anda bagaimana. Apakah mereka menginginkan perawatan pada kulit , memilki keluhan pada sistem pernafasan, atau mengalami demam. Jenis pelayanan klinik Anda harus sesuai dengan target pemasaran Anda.

Mencintai klinik sendiri apapun jenisnya

Anda jangan sampai merasa terbebani dengan klinik yang Anda bangun sendiri. Anda memulai klinik itu sendiri dari awal, Anda juga telah menghabiskan banyak waktu dan tenaga dalam merawatnya, mengapa Anda harus merasa terbebani ?

Selama ini bisnis hanya kelihatan permukaannya saja. 10 fakta diatas membuka wawasan kita betapa sulitnya berbisnis. Namun jangan putus asa. Masalah terberat yang dialami pebisnis klinik adalah manajemen data klinik. Sekarang telah hadir Assist.id sebagai sistem informasi yang akan sangat membantu Anda dalam mengelola data klinik. Mulai dari pencatatan kasir, keluar masuk obat di apotek, hingga pencatatan log waktu konsultasi pasien lengkap dengan EMR nya. Temukan manfaat lain Assist disini.

Software Klinik Terbaik - Assist.id

Untuk membantu staff, dokter, perawat, admisi dan pemilik bisnis Klinik, Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌