Pernahkah saat pasien pergi konsultasi dengan dokter dan saat pasien menjelaskan kondisinya, Anda menuliskan kondisi mereka di secarik kertas ? Atau pernahkah saat pasien berada di situasi dimana dokter mengetik detail kondisi pasien di komputer? Nah dua kondisi berbeda ini melibatkan rekam medis, perbedaannya adalah satu kondisi dikategorikan Rekam Medis menggunakan kertas, sementara lainnya masuk kategori Rekam Medis Elektronik (Electronic Medical Record / EMR).

Mengelola berkas dalam wujud kertas memerlukan personel tambahan, terlebih untuk menyusun dokumen yang tidak habis-habisnya. Rekam Medis Elektronik tidak memerlukan personel tambahan, menghemat waktu dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan fisik.

Meskipun dokter akan membutuhkan biaya tambahan untuk menginstal komponen eletronik untuk Rekam Medis Elektronik, biaya yang dibutuhkan untuk rekam medis elektronik dibanding kertas akan berkurang secara signifikan seiring berjalannya waktu.

Praktik medis menyimpan Rekam Medis kertas di gudang-gudang besar yang dipenuhi dengan...kertas. Rekam medis kertas ini memakan ruang lebih dan tidak ramah lingkungan, kertas juga cendrung rusak seiring waktu. Rekam Medis Elektronik disimpan di cloud dan pengguna bisa menggunakan sumber daya yang lebih minim.

Banyak tenaga medis profesional yang menyimpan duplikat dari rekam medis di kertas, kehilangan salah satu rekam berarti data tersebut hilang selamanya.  Terlebih, rekam medis kertas lebih mudah rusak, hilang oleh seorang staff, ataupun dari bencana alam seperti kebakaran dan banjir.

Untuk dokter yang menyimpan data di gudang, mereka harus meminta data tersebut dikirim mengguakan fax, scan, ataupun email dan akan memakan banyak waktu. Dengan Rekam Medis Elektronik, tim medis profesional bisa mengakses data yang mereka butuhkan secara instan. Dalam keadaan medis, waktu sangatlah penting.

Setiap orang memiliki tulisan yang berbeda, rekam medis kertas terkadang juga sulit untuk dibaca. Kertas juga tidak memiliki ruang yang cukup sehingga terkadang tenaga medis profesional tidak memilki banyak ruang untuk menulis semua analisis mereka. Rekam Medis Elektronik memberi Anda semua ruangan yang Anda butuhkan untuk mencantumkan detail analisis keadaan pasien.

Lihatlah infografis dibawah untuk informasi lebih lanjut :

Permudahlah manajemen klinik Anda tanpa ribet dengan sistem informasi Assist.id . Dengan sistem informasi profesional, praktik bisa mendapatkan Rekam Medis Elektronik (EMR) dengan odontogram interaktif, pendaftaran paperless, booking jadwal konsultasi online, kasir full integrasi EMR & Apotek, laporan dan pengaturan lengkap.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi

Sumber