Kebanyakan dari kita apabila ditanyai pertanyaan berupa profesi apa yang bekerja di Rumah Sakit/Klinik menjawab Dokter. Namun ada juga lho 5 profesi lain yang tidak kalah penting di Rumah Sakit. Berikut penjelasannya :

Perawat

Perawat adalah mereka yang selalu mendampingi dokter saat memeriksa pasien. Perawat juga siap sedia untuk merawat pasien tanpa kehadiran dokter. Sama halnya dokter, perawat juga memiliki bidang spesialisnya masing-masing, mulai dari spesialis perawat anak, spesialis perawat syaraf,dan lainnya.

Apoteker

Selain berdiri sendiri di Apotek, apoteker ada juga yang siap sedia berada di rumah sakit, agar pasien yang dirawat bisa langsung mendapatkan obat yang diresepkan dokter . Tidak hanya menyusun dan memberikan obat sesuai resep, mereka juga diberi izin untuk meracik obat.

Ahli Gizi

Ahli gizi bertugas untuk memastikan kandungan gizi dalam suatu makanan. Makanan yang dikonsumsi pasien rawat inap di Rumah Sakit akan diperiksa kandungan gizinya oleh Ahli Gizi. Makanan tersebut dijaga kandungan nutrisinya untuk meningkatkan kecepatan kesembuhan pasien.

Radiografer

Radiografer adalah mereka yang melakukan pemeriksaan sinar X, Computer Tomography (CT Scan), dan Magnetic Resonance Imaging (MRI). Tanpa profesi ini dokter akan kesusahan dalam memastikan kondisi pasien.

Perekam Medis

Data pemeriksaan setiap pasien disimpan rapi sebagai dokumentasi penyakit. Ini akan membantu pasien apabila terjadi komplikasi di masa mendatang, ataupun sebagai bahan referensi untuk pasien lain untuk jenis penyakit yang sama untuk dokter. Profesi ini membutuhkan kategorinya sendiri karena data yang direkam jumlahnya tidak sedikit. Mereka juga harus siap sedia serta cekatan apabila dokter sedang membutuhkan datanya.

Untuk memudahkan Rumah Sakit dan para pejuang Perekam Medis mencatat data, Assist.id telah hadir sebagai Sistem Informasi yang akan memudahkan Anda dalam mengelola data rekam medis pasien. Dengan Assist.id Anda tidak akan kesulitan dalam mencatat data pasien lagi, Assist terhubung dengan cloud, jadi Anda tinggal mengetikkan nama ataupun nomor identitas pasien dan Anda akan menemukannya, tidak perlu membongkar lemari penuh dengan berkas lagi. Selain fitur Electronic Medical Record, ada banyak fitur penuh manfaat pengelola klinik dan RS lainnya yang patut dimiliki. Temukan Assist.id disini.

Dengan menggunakan Sistem Informasi klinik Assist.id tidak hanya fitur sistem informasi lengkap untuk klinik saja, tapi Anda akan mendapatkan website Anda sendiri. Assist.id memiliki berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dari skala praktek mandiri hingga klinik BPJS. Salah satu penyedia layanan aplikasi klinik online di Indonesia adalah Assist.id. ‌

Kenyamanan dalam mengelola data klinik lebih mudah. Berbagai keunggulan yang anda dapatkan dengan menggunakan software klinik Assist.id adalah:

  • Monitor bisnis klinik dimana saja, kapan saja
  • Memungkinkan untuk online booking konsultasi dengan dokter
  • Membuat pencatatan laporan aktifitas klinik dan keuangan secara otomatis
  • Menyiapkan segala laporan yang Anda butuhkan dengan 1 klik
  • Setiap karyawan memiliki hak akses yang dapat Anda atur
  • Fitur odontogram mudah digunakan untuk dokter gigi